Rabu, 18 September 2019

SKK Migas-PetroChina Serahkan Bantuan 3 Unit Mesin Pengupas Kopi


Sabtu, 17 Agustus 2019 | 20:43:29 WIB


/

MUARASABAK - Bertempat di halaman Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan tiga unit mesin pengelola kopi, usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019, Sabtu (17/8) kemarin.

 

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh VP Human Resources  & Relations PetroChina International Companies In Indonesia, Maryke PY Pulonggono dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo didampingi Bupati Tanjabtim H Romi Hariyanto.

 

Bantuan mesin tersebut diberikan kepada Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki V Desa Mendahara Tengah, Kecamatan Mendahara Ilir, Letang, berupa 1 unit mesin pengupas kulit buah kopi (Pulper) kapasitas 250 Kg, 1 unit mesin pengupas kulit kopi kering (Puller) kapasitas 200 Kg dan 1 unit mesin sangrai (Roster) kapasitas 2 Kg.

 

Maryke YP Pulonggono ketika diwawancarai mengatakan, bantuan tiga unit mesin pengelola kopi ini sebagai bentuk tangggungjawab sosial atau CSR salah satu bagian kepedulian SKK Migas PT Petrochina International Jabung Ltd terhadap daerah operasi dan masyarakat sekitar.

 

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan alat ini, penghasilan petani bisa meningkat dan lebih baik lagi," ucapanya.

 

Ia berharap lewat bantuan ini ke depan ada hasilnya. Tim PetroChina yang ada di lapangan akan berusaha memberikan ilmu marketing dan mengajarkan cara memasarkan produknya.

 

"Apalagi saat ini zaman sudah canggih menggunakan teknologi media sosial. Melalui media sosial petani atau masyarakat bisa memasarkan produknya," katanya.

 

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Adiyanto Agus Nugroho pada kesempatan itu menyampaikan, ini salah satu kepedulian Industri Hulu Migas terhadap lingkungan. Dimana, ini sudah menjadi kontrak kerjasama SKK Migas dan PetroChina untuk pengembangan masyarakat.

 

"Khusus di Tanjabtim ada salah satu produk unggulan terkait pengembangan kopi liberika. Seperti keinginan bapak bupati, maka kami tetap komitmen agar masyarakat lebih berdaya. Artinya, program-program CSR yang disampaikan PetroChina ini juga dapat berdayakan masyarakat, terutama di lingkungan wilayah operasi," sebutnya.

 

Sementara, Bupati Tanjabtim, H Romi Hariyanto berharap, PetroChina tidak melepaskannya sampai di sini saja. PetroChina harus terus mendampingi petani penerima bantuan tersebut, sampai ada hasilnya.

 

"Insya Allah PetroChina sudah komitmen kepada lemerintah daerah, bahwa apa pun yang dilakukan oleh PetroChina, bisa bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

 

Terpisah, Letang, selaku Ketua Kelompok Tani penerima bantuan CSR PetroChina mengucapkan terima kasih kepada PetroChina yang telah memberikan bantuan berupa mesin untuk pengelolaan kopi. Dia sangat bersyukur atas bantuan tersebut.

 

"Saya harap kedepannya, PetroChina bisa terus memberikan bantuan-bantuan seperti ini, baik kepada kami, maupun kelompok tani yang lainnya," ucapnya.


Penulis: ***
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments