Selasa, 25 Februari 2020

Serangkaian Kegiatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Kabupaten Kerinci


Senin, 19 Agustus 2019 | 09:38:35 WIB


Peringatan HUT RI ke 74 di Kabupaten Kerinci
Peringatan HUT RI ke 74 di Kabupaten Kerinci / Dedi/metrojambi.com

KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci, Jumat (17/8) menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74 tahun 2019.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di lapangan komplek perkantoran Bukit Tengah itu berjalan dengan sukses dan khidmat.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kerinci, Adirozal. Turut hadir unsur Forkompimda, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kerinci, Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, Sekretaris Daerah (Sekda) Gasdinul Gazam, kepala OPD dan jajaran lingkup Pemkab Kerinci, anggota veteran dan undangan lainnya.

Anggota pasukan Pengibar Bendera yang merupakan gabungan dari anggota TNI, Polri serta pelajar setingkat SMA pilihan se-Kabupaten Kerinci, sukses melaksanakan tugas mereka sebagai pembawa dan pengibar bendera merah putih.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 dimulai 10:00 WIB yang didahului suara sirene, dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kabupaten Kerinci, Arpan Kamil.

Selanjutnya pengibaran sang merah putih oleh pasukan Paskibra dan acara ditutup dengan pembacaan doa oleh perwakilan Kemenag Kerinci.
Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, Bupati Kerinci beserta rombongan langsung menuju Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sungaipenuh untuk memberikan remisi kepada sejumlah narapidana dan tahanan di Rutan Sungaipenuh.

Kemudian dilanjutkan, menemui para veteran perang pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak sempat hadir mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dikarenakan sakit. Terdapat dua veteran yang ia kunjungi, yakni Yahya Sani (89) warga Sungai Abu, Kecamatan Air Hangat Timur, dan Haris Kripah (87) warga Siulak Mukai, Kecamatan Siulak Mukai.

Pada waktu itu juga, Bupati Kerinci juga menyerahkan bantuan untuk para veteran yang mengalami sakit berupa makanan, beras, selimut, dan tikar.
Bupati Kerinci, Adirozal, mengatakan bahwa sudah menjadi rutinitas Pemkab Kerinci usai pelaksanaan upacara bendera HUT kemerdekaan RI, mengunjungi sejumlah veteran perang yang tidak hadir dikarenakan sakit.

Dia mengatakan, tanpa ada veteran kala itu, bangsa Indonesia belum merdeka seperti sekarang ini dan tanpa ada semangat perjuangan veteran mempertahankan NKRI kala itu, bangsa ini pasti masih dijajah oleh negara lain."Oleh karena itu, kita harus menghargai dan membantu para veteran ini," katanya kepada awak media. Bupati dua periode ini menyampaikan atas nama masyarakat Kerinci menyampaikan terima kasih dan sangat menghargai perjuangan veteran.

Selain itu, dengan adanya kunjungan ini, dirinya ingin generasi muda untuk tidak melupakan sejarah dan perjuangan saat para veteran merebut kemerdekaan kala itu. "Makanya dengan kegiatan seperti ini,saya berharap bisa memberikan semangat positif ke generasi muda sekarang. minimal mereka ikut menghargai dan mencintai veteran yang bersusah payah berjuang di medan perang saat itu," paparnya.

Sementara itu, sekitar pukul 17.00 WIB dilakukan penurunan bendera sangsaka merah putih di lapangan perkantoran Bukit Tengah yang bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher.  Meskipun sempat tertunda selama kurang lebih 30 menit, disebabkan adanya tenda di panggung utama yang roboh upacara penurunan bendera sangsaka merah putih di lapangan perkantoran bupati di bukit tengah tetap berjalan sukses.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments