Jumat, 21 Februari 2020

Kabut Asap Mulai Selimuti Kerinci dan Sungai Penuh


Senin, 19 Agustus 2019 | 09:46:35 WIB


Kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh
Kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh / dok/metrojambi

KERINCI -Senin (19/08) pagi ini, dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.30 wib, wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tiba-tiba diselimuti kabut asap yang sangat pekat.

Pekatnya kabut asap tersebut, diduga akibat sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi sepekan terakhir ini, akibatnya Kerinci dan Sungai Penuh mendapat kiriman asap, sehingga menyebabkan jarak pandang berkurang.

Berdasarkan pantau di lapangan, dampak paling terparah terjadinya polusi kabut asap ini, terjadi di wilayah Sitinjau Laut hingga menuju Sungai Penuh. Jarak pandang di lokasi itu, sekitar hanya berjarak 50 meter, tentunya para pengendara terpaksa berjalan pelan dengan menghidupkan lampu.

"Beberapa hari ini, hanya terlihat kabut asap tipis. Namun pagi ini, tiba-tiba sangat pekat kabut asapnya," ujar Nisa, salah seorang warga Kerinci.
Akibatnya kata Nisa, banyak anak-anak sekolah hingga orang dewasa terpaksa memakai masker untuk menghindari buruknya cuaca.

"Kabutnya sangat tebap, banyak anak yang mulai menggunakan masker," bebernya.

Sementara itu sebelumnya, BPBD Kerinci menyatakan bahwa kabut asap di Kabupaten Kerinci merupakan asap kiriman dari luar. Karna akhir ini, tidak ditemukan kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kerinci.

“Untuk wilayah Kerinci, hingga saat ini tidak ada terlihat adanya hotspot atau karhutla,” sebut Darifus, Kepala BPBD Kerinci. Diungkapkannya, walaupun ada kemunculan asap yang menyelimuti kerinci, itu diperkirakan berasal dari daerah tetangga. Dan, dipastikan di Kerinci tidak ada kebakaran yang membuat kabut asap.“Walaupun terlihat adanya asap, biasanya itu asap kiriman dari daerah tetangga,” ujarnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments