Senin, 1 Juni 2020

Datangi Sekolah, Gubernur Bagikan Masker ke Pelajar


Senin, 19 Agustus 2019 | 12:10:19 WIB


Gubernur Jambi Fachrori Umar saat membagikan masker kepada pelajar SMK Negeri 1 Kota Jambi
Gubernur Jambi Fachrori Umar saat membagikan masker kepada pelajar SMK Negeri 1 Kota Jambi / Metrojambi.com

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Herianto dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Samsiran Halim, Senin (19/8/2019), mendatangi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Jambi untuk membagikan masker.

Ada 1.500 masker yang dibagikan kepada pelajar. Pembagian masker dilakukan karena tebalnya kabut asap yang merupakan dampak dari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Fachrori mengatakan, di Jambi tidak ada lagi Karhutla. Namun asap yang dirasakan saat ini merupakan kiriman dari daerah tetangga.

"Hanya saja asap ini dari Palembang dan Riau yang juga berdampak ke kita," ujarnya usai membagikan masker.

Fachrori mengimbau kepada masyarakat maupun para siswa, agar mengurangi aktivitas fisik di luar ruangan, dan jika berada di luar ruangan pakailah masker. Kemudian minum air putih minimal 8 gelas sehari, istirahat yang cukup, serta perbanyak makan buah dan sayur.

"Kita harus berhati-hati terhadap kesehatan. Selain hal itu tadi kita harus menggunakan masker dan jangna malu untuk bertanya ke dokter," tuturnya.

Senada dengan Gubernur, Kepala Dinas Provinsi Jambi Samsiran Halim menyampaikan untuk menjaga kesehatan disaat kabut asap, yakni mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Seperti yang disampaikan pak Gubernur kalau keluar rumah pakai masker, lalu makan buah dan sayur itu untuk meningkatkan stamina tubuh," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Samsiran menyampaikan, untuk laporan penderita inspeksi saluran pernapasan akut ( ISPA) belum ada peningkatan.

"Hingga tanggal 11 Agustus kemarin ada 8.020 penderita ISPA se Provinsi Jambi, dan yang terbanyak di Kota Jambi. Nah untuk laporan ISPA pada minggu lalu akan disampaikan hari Rabu nanti, sebab laporannya mingguan," bebernya.

Samsiran mengaku hingga saat ini pula, masih dari Kabupaten Muaro Jambi yang mengajukan bantuan masker ke pihaknya.

"Di Muaro Jambi laporan hingga hari ini masih 6 ribu masker. Kemarin dipawai pembangunan sudah 2 ribu masker dibagikan, lalu disini (SMK 1, red) 1.500 masker," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments