Sabtu, 14 Desember 2019

Dukcapil Sarolangun Launching KIA dan KK Bertanda Tangan Elektronik


Senin, 19 Agustus 2019 | 21:13:53 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun, Senin (19/8/2019), me-launching Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK) bertanda tangan elektronik.

Pada acara launching tersebut Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri secara simbolis menyerahkan KIA kepada 10 murid Sekolah Dasar (SD) dan 3 Kartu Keluarga (KK) bertanda tangan elektronik.

Disampaikan Hilal, dirinya berharap seluruh warga Kabupaten Sarolangun segera membuat KIA dan KK. “Tujuannya untuk mempermudah Dinas Dukcapil dalam pendataan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun Arsyad menuturkan, launching perdana KIA dari umur nol tahun sampai umur kurang 1 hari dari 17 tahun diwajibkan memiliki KIA, karena inilah cara bentuk kepedulian pemerintah.

Ditambahkan Arsyad, adapun tujuan pihaknya mengadakan pembuatan KK bertanda tangan elektronik untuk mempermudah dalam pengurusan. “Begitupun dengan KIA, ini sangat penting bagi anak-anak kita, dengan adanya KIA ini bisa jelas identitasnya secara online dan terdata di kependudukan Indonesia,” ucapnya.

Arsyad menjelaskan, pihaknya juga nanti akan turun langsung ke sekolah-sekolah untuk merekam seperti mana perekaman KTP, diutamakan anak-anak SD dan seterusnya, sementara anak umur 0 sampai 6 tahun kita tidak membuat KIA tanpa fotonya itu saja perbedaannya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments