Minggu, 15 Desember 2019

Warga Diminta Jaga Bangunan Pamsimas


Senin, 19 Agustus 2019 | 21:24:38 WIB


/ dok.metrojambi.com

SAROLANGUN - Untuk menjaga kualitas hidup sehat mulai dari kesehatan lingkungan hingga ketersediaan air bersih yang dikonsumsi oleh warga, pemerintah telah menyalurkan Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Atas bantuan ini, warga penerima diminta untuk memanfaatkan dan merawat dengan baik Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Sarolangun.

“Saya minta sarana air bersih dirawat dengan baik. Karena kalau tidak dirawat, fasilitas yang telah dibangun ini akan rusak dan akhirnya mubazir,” kata Kepala Dinas PMD Sarolangun, Mulyadi, Senin (19/8/2019).

Dikatakannya lagi, jika Pamsimas dikelola dengan baik oleh masing-masing desa, maka tidak hanya air bersih yang diperoleh masyarakat, tapi juga menjadi income bagi masing-masing desa tersebut.

"Harapannya ini bisa menjadi pendapatan desa dan juga PAD dalam lingkup lebih besar,” ujarnya.

Pemeliharaan bangunan yang dilakukan oleh pemerintah, kata Mulyadi, juga menjadi tanggung jawab bersama. Selain itu jika pemanfaatan yang dibagun dapat dirasakan manfaat oleh masyarakat otomatis bangunan yang serupa bisa bertambah.

"Kalau yang dibangun itu dirusak dan tidak bisa dimanfaatkan, artinya bangunan ini tidak sesuai yang diharapkan. Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaganya," katanya.

Untuk diketahui saat ini sebanyak 69 desa yang telah menerima Pamsimas. Ia pun berharap jumlah ini akan terus bertambah.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments