Selasa, 19 November 2019

Kepsek SMA 3 Tanjabtim Juara I Nasional


Senin, 19 Agustus 2019 | 21:37:57 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Warga Kabupaten Tanjab Timur dan Provinsi Jambi umumnya patut berbangga kepada Pahrin Wirnadian, S.Pd, M.Si. Pahrin yang menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 3 Tanjabtim ini, terpilih sebagai juara I Kepala SMA Berprestasi tingkat nasional tahun 2019.

Penghargaan sebagai Kepala Sekolah terbaik yang diterima Pahrin ini, disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Lomba tersebut berlangsung digelar sejak 13 hingga 18 Agustus 2019 di Jakarta. Pesertanya sendiri dari Jambi sebanyak 18 orang, baik itu kepala sekolah, guru dan pengawas tingkat SD, SMP dan SMA.

Pada Minggu (18/08) sekira pukul 16.00 WIB, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi melakukan penyambutan kepada Kepala SMA N 3 Tanjabtim di bandara Sulthan Thaha, Jambi.

Kepala SMA Negeri 3 Tanjabtim Pahrin Wirnadian mengatakan, apa yang diperolehnya ini karena ia ingin berbuat yang terbaik untuk sekolah. "Seperti membuat inovasi yang dapat mencetak prestasi dan dilombakan. Akhirnya mendapatkan apresiasi cukup tinggi hingga tingkat naisonal," tuturnya.

Pahrin menyebutkan, di lomba ini, dirinya telah melewati tahapan seleksi administrasi terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara. "Setelah wawancara selanjutkan tabel topik dan talent show. Barulah dilakukan penilaian kepribadian selama mengikuti lomba," jelasnya.

Pahrin juga berbagi kiat menjadi seorang juara, diantaranya harus bisa memotivasi semua rekan kerja di sekolah dan memberikan sugesti kepada yang lainnya bahwa mereka semua hebat serta mampu berbuat yang terbaik. "Kita bimbing yang ada di sekolah untuk mencapai prestasi, termasuk kiat dalam menulis," terangnya.

Sementara itu, Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Provinsi Jambi, Arsil menilai, lomba kali ini dianggap spektakuler karena setelah beberapa tahun lalu, kini Jambi kembali lagi mendapat juara.

"Setelah enam tahun yang lalu kita mendapat juara, dan kali ini Jambi kembali mendapat juara 1 nasional kategori Kepala SMA," ungkapnya.

Arsil menyebutkan, dengan gelar juara yang didapat Kepala SMAN 3 Tanjabtim itu dirinya berharap menjadi motivasi dan semangat bagi kepala sekolah dan guru-guru yang ada di Provinsi Jambi khususnya.

"Terima kasih untuk pak Pahrin bersama rekan-rekan dari dinas yang sudah mempersiapkan beliau ke tingkat nasional, mulai dari seleksi tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional," katanya.

Persiapan di lomba ini, kata Arsil tidaklah gampang, apalagi untuk mendapatkan juara 1 yang pastinya hasil karya-karya dan inovasinya dalam membangun sekolah sebagai Kepsek itu sudah diakui.

"Pak Pahrin ini kan dari SMA N 3 Tanjabtim, jadi tidak mesti sekolah di kota yang terbaik. Persiapannya sangat melelahkan, ke depan kita berharap pak Pahrin menjadi motivasi bagi yang lain untuk di daerahnya masing-masing," ujarnya.

Dijelaskannya, Kepala SMA N Tanjabtim tersebut merupakan alumni Universitas Indonesia yang memang memiliki prestasi dan inovasi.

"Mudah-mudahan melalui juara ini dapat membawa sekolah-sekolah di Jambi menjadi lebih baik lagi dan kita pihak Disdik pada tahun depan semuanya bisa mendapat juara," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments