Minggu, 5 April 2020

Fachrori Terima Dokumen Anggota DPRD Terpilih Provinsi Jambi


Senin, 19 Agustus 2019 | 23:01:59 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi dalam mengawal Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) telah terlaksana dengan baik. Setelah usai pelaksanaan gelaran pemilihan, KPU Provinsi Jambi menyerahkan dokumen 55 anggota DPRD Provinsi Jambi terpilih kepada  Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum, Senin (19/8/2019).

Dokumen ini diserahkan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi H. M.Subhan. Ia menjelaskan, bahwa selesai penyerahan dokumen di Pemprov Jambi, dokumen akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  

Dalam pertemuan tersebut, Fachrori memberikan apresiasi kepada KPU yang telah bekerja dengan sangat baik dalam pelaksanaan Pemilu serentak. Ia juga mengucapkan selamat kepada para Calon Anggota DPRD terpilih. Ia berharap, ke depan anggota legislatif yang baru ini bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk mewujudkan Jambi Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera (Tuntas) 2021.

“Terima kasih kepada KPU dan jajaran serta penyelenggara pemilu lainnya yang sudah bekerja maksimal sehingga Pemilu serentak 2019 bisa terlaksana dengan baik, aman dan lancar. Tak lupa saya ucapkan selamat kepada para Calon Anggota DPRD Provinsi Jambi terpilih. Mari kita bersama bangun Provinsi Jambi untuk kemakmuran masyarakat demi mewujudkan Jambi Tuntas 2021,” tutur Fachrori.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi jambi M Subhan, yang secara resmi menyerahkan data nama-nama anggota DPRD Provinsi Jambi terpilih hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2009 lalu kepada Gubernur Fachrori Umar, Senin (19/08/19) kemarin mengatakan, pelantikan para Calon Anggota DPRD Provinsi Jambi terpilih ini akan dilaksanakan pada September mendatang karena pada tanggal 8 September telah selesai masa jabatannya.

“Diharapkan tanggal 9 telah dilantik, yang kami serahkan ini adalah anggota legislatif terpilih dari 6 Dapil, sedangkan yang dari kabupaten telah diserahkan oleh bupati kepada gubernur dan seluruh yang diserahkan ini telah selesai administrasinya," ujar Subhan.

Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan mengatakan bahwa berkasnya telah diserahkan ke Gubernur untuk diteruskan ke menteri dalam negeri untuk di-SK-kan. “Berkasnya sudah kita serahkan ke Pak Gubernur untuk diteruskan ke menteri dan di-SK-kan. Dan nama-nama yang diserahkan sudah memenuhi syarat dari 6 Dapil,” ujarnya.

Syarat yang disebutkan oleh ketua KPU Provinsi ini termasuk syarat administrasi. Kabarnya LHKPN dari Gerindra juga sudah diperbaiki dan diserahkan ke KPU dan hari ini diserahkan ke Gubernur Jambi. Untuk kabupaten kota yang lain, informasi terakhir itu 9 sudah menyerahkan ke gubernur melalui bupati, tinggal Kerinci dan Sarolangun yang belum menyerahkan.

“Iya untuk kabupaten dan kota yang lain informasinya terakhir itu sudah ada 9 yang menyerahkan ke gubernur melalui bupati, untuk sekarang tinggal Kerinci dan Sarolangun saja,” jelasnya.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Pemprov Jambi, Rahmat Hidayat mengatakan, jika sudah menerima usulan SK pengangkatan dari 9 Kabupaten dan sudah diproses. "Tadi kami baru menerima satu lagi Kerinci. Jadi sudah 10 daerah. Tinggal menunggu Sarolangun," katanya saat ditemui di rumah Dinas Wakil Gubernur Jambi.


Penulis: Rina/Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments