Sabtu, 19 Oktober 2019

Warga Tabir dan Pamenang Mulai Kesulitan Air Bersih


Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:08:14 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Dok/Metrojambi.com

BANGKO – Dampak dari musim kemarau yang terjadi saat ini mulai dirasakan warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Merangin. Saat ini, warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur mengering.

Yahya, warga Tabir, Kabupaten Merangin mengatakan, warga biasanya memanfaatkan sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Namun saat ini, kata Yahya, banyak sumur warga yang sudah mengering.

"Sekarang warga mandi di Sungai tabir yang keruh karena bekas PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin). Cuma itu yang bisa digunakan warga. Yang paling susah air minum. Kalau (fasilitas, red) PDAM hanya bagi warga yang tinggal di pinggir jalan lintas bae," kata Yahya kepada metrojambi.com, Selasa (20/8/2019).

Dikatakan Yahya, solusi warga untik mendapatkan air bersih, warga menggali pulau, sehingga air yang keruh bisa jernih untuk bisa dikonsumsi. "Di Tabir kan banyak pulau, digali pulau kalau sudah beberapa kali disaring maka airnya bersih," ujarnya.

Tidak hanya di wilayah Tabir, kesulitan air bersih juga dirasakan warga Limbur di Kecamatan Pamenang. Tidak hanya sumur, sungai yang ada di wilayah tersebut juga sudah mulai mengering.

"Banyak sumur yang mulai mengering, warga mulai kesulitan masalah air. sekarang warga menggunakan air batang Merangin," ujar Zikwan warga Limbur Pamenang.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments