Rabu, 18 September 2019

SKK Migas-PetroChina Sosialisasi Manajemen Pengolahan Sampah Tingkat Sekolah


Rabu, 21 Agustus 2019 | 21:48:53 WIB


/ metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Bertempat di aula Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), PetroChina International Jabung Ltd menggelar sosialisasi tentang manajemen pengelolaan sampah organik dan anorganik di tingkat sekolah melalui bank sampah.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Direktur Bank Sampah Bangkitku (BSB) Permadi, Kepala SMK Negeri 7 Abas HS, S.Ag, M.Pd , Kepala SMP Negeri 2 Betara Drs. Nursal, Lasno selaku Community Development Supervisor PetroChina, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjabbar Nani Sulastri, orang tua siswa, komite sekolah, dan siswa SMK Negeri 7 dan SMP Negeri 2.

Dalam sambutannya, Lasno yang mewakili PetroChina menyampaikan, melalui kegiatan ini sekolah diharapkan ke depan dapat berkontribusi dalam penanggulangan sampah.

“Bagaimana sampah menjadi berkah. Selama ini mungkin masyarakat berpikir bahwa sampah itu tidak bisa diolah menjadi barang yang ekonomis,” ujar Lasno.

"Kami dari SKK Migas-PetroChina mendukung dan mendorong kemajuan kebersihan terhadap sampah yang ada di sekolah agar bisa bersih dan menjadi lebih ekonomis, dengan bersih untuk punya kesan yang lebih baik," kata Lasno menambahkan.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tanjabbar Nanik Sulastri menyampaikan, pihaknya berharap kegiatan pengelolaan sampah ini dapat terus berkesinambungan. Pasalnya, pelajar bisa belajar bagaimana cara pengolahan sampah dengan benar, dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang di-support oleh PetroChina International Jabung Ltd.

"Semoga dengan adanya cara ini dapat membuat anak-anak lebih kreatif dan lebih baik dalam mengolah sampah," tutupnya.

Kepala SMK Negeri 7 Abas HS menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membuat sampah menjadi termanfaatkan dengan baik. "Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita bisa memanfaatkannya dengan baik, kami juga sebagai tenaga pendidik akan mengambil manfaat dari pelatihan ini, dan semoga pihak PetroChina dapat terus men-support kegiatan khususnya bagi pelajar, Dan Sampah yang biasanya kita anggap tidak terpakai dapat digunakan sebaiknya," ungkapnya.

Direktur Bank Sampah Bangkitku (BSB) Permadi, menyampaikan pengelolaan sampah saat ini harus tepat sasaran dan tepat guna karena sampah akan bernilai jika diolah dengan baik dan tepat guna.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini yang telah dilakukan oleh PetroChina yang bekerja sama dengan Bank Sampah Bangkitku di sekolah, semoga pelajaran yang kami ajarkan ini nanti bisa diterapkan dan berkesinambungan," tutupnya.


Penulis: Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments