Rabu, 18 September 2019

5 Tips yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Solo Traveling


Kamis, 22 Agustus 2019 | 22:02:41 WIB


5 Tips yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Solo Traveling
5 Tips yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Solo Traveling / Ist

Mengatur liburanmu sangatlah penting, banyak hal-hal yang harus disiapkan sebelum liburan dan jangan sampai melupakan barang-barang penting untuk liburanmu.

Banyak orang-orang yang mengemukakan manfaat solo traveling untuk setidaknya kamu coba sekali saja. Bagi beberapa orang, solo traveling merupakan kegiatan yang sangat menarik. Selain bisa belajar mandiri, menambah pengalaman dan kenalan, kamu juga bisa melakukan apa pun yang disukai tanpa gangguan orang lain.

Namun, bukan berarti perjalananmu tidak memiliki risiko. Banyak hal-hal yang harus kamu persiapkan saat kamu melakukan solo traveling, terutama untuk pertama kali. Nah, berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat merencanakan perjalanan solo traveling kamu agar tetap aman dan nyaman.

1. Pilih destinasi aman

Setiap tahunnya, Global Peace Index (GPI) mengeluarkan daftar nama negara-negara yang aman untuk dikunjungi oleh wisatawan. Daftar tersebut dibuat dengan memperhitungkan seberapa sering setiap negara mengalami bencana alam, perampokan, penjambretan, dan penipuan. Negara seperti Kanada, Selandia Baru, Finlandia, Jepang, dan Singapura adalah negara-negara yang selalu masuk dalam daftar tersebut. Bukan hanya di luar negeri, kok, kamu juga bisa mengunjungi destinasi domestik seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

2. Persiapan barang-barang

Saat memutuskan untuk solo traveling, otomatis kamu adalah satu-satunya orang yang bisa menolong dirimu sendiri. Jadi, pastikan kamu sudah membawa semua barang dan perlengkapan yang dibutuhkan. Bagi yang punya penyakit khusus seperti asma atau alergi, jangan lupa untuk membawa inhaler dan juga obat alergi. Kalau takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa membawa peluit atau senter yang bisa dipakai untuk menarik perhatian saat kamu butuh pertolongan. Jangan lupa masukan barang-barangmu ke dalam tas ransel atau tas pinggang yang mudah diraih.

3. Promo

Saat kamu berlibur sendirian, tidak ada siapa pun yang bisa dimintai uang untuk berbagi biaya akomodasi. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah berhemat. Kurangi biaya belanja, bujet belanja kosmetik dan skincare, beli game online, dan bahkan biaya makanmu di kantor. Kalau sudah mulai terkumpul, mulailah untuk mencicil beli tiket pesawat, penginapan, dan tiket masuk tempat wisata yang ingin dikunjungi. Nah, semua tiket sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat online travel agent seperti Traveloka. Kamu bisa lihat promo tiket pesawat terbaru, hotel, tour, tempat wisata, dan bahkan restoran dengan berbagai promonya. Nyalakan notifikasi Traveloka di handphone-mu agar tidak ketinggalan promo menarik yang pastinya murah.

4. Pilih penginapan

Pastikan tempatmu menginap cukup aman untuk ditempati wisatawan. Perhatikan daerah tempatmu tinggal. Apakah tempat itu berada di pusat kota dan dekat dengan jangkauan transportasi umum? Kamu bisa memilih tempat yang memiliki security, buka 24 jam, gampang untuk dicari, dan jika memungkinkan pilih yang dekat dengan tempat tujuan liburanmu. Jadi, kamu tidak akan tersesat karena tidak bisa menemukan tempat menginap. Lebih apes lagi kalau kamu sampai tidak boleh masuk karena akses masuk yang dibatasi.

5. Uang dan dokumen

Kehilangan barang-barang penting memanglah bukan hal yang diinginkan saat sedang berlibur, terlebih lagi kalau sampai terjadi di tempat yang benar-benar asing untukmu. Karena itulah, kamu perlu ekstra hati-hati dengan barang-barang bawaan, terutama uang tunai dan dokumen-dokumen penting. Jangan simpan uang, kartu ATM, dan kartu kredit dalam satu tempat. Selain itu, jangan lupa untuk scan dokumen-dokumen penting seperti kartu identitas dan paspor. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengamanan ekstra jika kamu kehilangan dompet atau tas.

Tidak perlu takut untuk melakukan solo traveling, sudah banyak akomodasi yang memang terjamin aman bagi para solo traveler. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, jangan panik dan cari jalan keluarnya saat sudah merasa tenang dengan kepala dingin, ya.


Penulis: Ist
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments