Sabtu, 19 Oktober 2019

Pendaki Gunung Kerinci Dari Luar Daerah Diminta Patuhi Peraturan


Kamis, 22 Agustus 2019 | 17:53:19 WIB


Pendaki Gunung Kerinci saat menjalani pemeriksaan sebelum melakukan pendakian
Pendaki Gunung Kerinci saat menjalani pemeriksaan sebelum melakukan pendakian / Metrojambi.com

KERINCI - Pendaki Gunung Kerinci yang berasal dari luar daerah diminta untuk mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pihak Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sebagai pengelola guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, sejumlah pendaki Gunung Kerinci terpaksa dievakuasi karena mengalami kelelahan dan tak sadarkan diri. Bahkan satu diantaranya sampai meninggal dunia.

Penggiat pariwisata dan Pencinta Alam (PA) Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh Chua mengatakan, prosedur yang berlaku untuk pendakian Gunung Kerinci yang dikeluarkan oleh TNKS saat ini sudah bagus.

"Kita tidak bisa menyalahkan pihak pengelola terkait kejadian ini, karena sistem yang diterapkan sudah bagus, dengan adanya surat kesehatan yang harus diserahkan pendaki sebelum naik," ujarnya, Kamis (22/8/2019).

Ia meminta kepada pendaki yang dari luar daerah untuk mematuhi semua persyaratan yang diberikan oleh pihak pengelola, karena semua persyaratan pendakian yang di cantumkan adalah bekal keselamatan mereka sampai di rumah dari pendakian Gunung Kerinci.

"Jangan memaksakan diri kalau keadaan sudah tidak baik dan cepat minta pertolongan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pendaki yang meninggal dunia bernama Iglasias Julio Sinaga (26) warga Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut). Sedangkan yang sakit Dewi Sinambela (23) asal Sumatera Utara (Medan), yang mengalami kelelahan fisik Anggi Putri Anggini (22) asal Pariaman sumbar dan Adit (23) asal Terusan.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments