Minggu, 15 Desember 2019

Biji Kurma Anti Diabetes, Harapan Penderita Kencing Manis


Jumat, 23 Agustus 2019 | 14:47:49 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

Hanya saja, dalam kajian agama Islam, baik madu maupun kurma, sudah ditegaskan, baik di dalam Kitab Suci Al Quran dan juga hadits-hadits Nabi Muhammad Sholollohu Alaihi Wa Sallam bahwa keduanya digaransi memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dalam laman Jamaah Salahuddin Universitas Gadjah Mada (UGM) (http://js.ugm.ac.id/2019/02/09/kurma-dalam-perspektif-quran-hadit
s-dan-sains/) berjudul "Kurma dalam Perspektif Quran, Hadits, dan Sains" disebutkan bahwa Allah SWT menyebutkan mengenai kurma itu dalam Q.S Ar-Rad ayat 4.

Ayat 4 dalam surah Ar-Raad itu berbunyi: "Dan di Bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir".

Keistimewaan lainnya, karena Allah Subhanahu Wa Ta ala menyebutnya sebanyak 20 kali di 16 surah yang berbeda dalam Al Quran, dan Rasulullah Muhammad Sholollohu Alaihi Wa Sallam menjadikan kurma sehari-hari sebagai makanan wajib keluarga.

Buah ini dapat dikonsumsi tanpa mengenal batas usia, dari ujung akar sampai daun memiliki manfaat, dapat bertahan dalam suhu tinggi hingga 50 derajat Celcius dan dalam kadar garam yang ekstrem, memiliki jangka waktu kedaluwarsa hingga 1,5 tahun -- untuk kurma yang berkualitas dan disimpan dengan teknik yang baik -- dan unik karena dari dua jenis tanaman kurma, yaitu jantan dan betina, hanya tanaman kurma betina saja yang dapat menghasilkan buah (6-7 bulan).

Penulis: ***
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments