Kamis, 24 Oktober 2019

Syihabuddin: Pembelajaran Aktif, Guru Jadi Fasilitator


Senin, 26 Agustus 2019 | 15:07:54 WIB


Kepala SMP-SMA Islam Al Falah Jambi Syihabuddin
Kepala SMP-SMA Islam Al Falah Jambi Syihabuddin / Jay

JAMBI – Model pembelajaran aktif saat ini diterapkan di SMP-SMA Al Falah Jambi. Guna mendukung program di awal tahun pelajaran baru 2019/ 2020 ini, sekolah menggelar kegiatan workshop peningkatan kompetensi guru.

Selain itu, SMP-SMA Islam Al Falah Jambi juga memprogramkan beberapa kegiatan sekolah, baik program yang sifatnya peningkatan kompetensi serta kualitas pendidikan maupun dari sarana prasarana.

"Sistem pembelajaran aktif bagi siswa saat ini, guru harus berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar di kelas," ujar Kepala SMP-SMA Islam Al Falah Jambi Syihabuddin belum lama ini.

Menurutnya, dalam pembelajaran aktif, siswa akan mencari sumber-sumber informasi, baik melalui buku ataupun internet untuk menemukan jawaban. "Sesuai pendidikan kurikulum 2013, siswa harus aktif," paparnya.

Program berikutnya adalah, saat ujian nanti sekolah tidak lagi dipusingkan dengan kertas ujian atau ujian menggunakan pena, tetapi akan menggunakan android, terutama saat pelaksanaan try Out atau TO. "Ini berlaku bagi siswa Kelas IX dan Kelas XII," jelasnya.

Mantan Kepala Disdik Kota Jambi ini menyebutkan, sekolah juga akan mewacanakan sekolah boarding school atau sekolah berasrama dan kegiatan siswa selama 24 jam dilakukan di lingkungan sekolah. "Terutama bagi siswa tahfiz," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments