Kamis, 30 Januari 2020

H Mashuri: Satpol PP Harus Bisa Tangani Bencana


Kamis, 29 Agustus 2019 | 13:51:59 WIB


Wabup Merangin H Mashuri Buka Sosialisasi deteksi dini bencana alam 2019
Wabup Merangin H Mashuri Buka Sosialisasi deteksi dini bencana alam 2019 / Humas Merangin

BANGKO - Anggota Satpol PP sebagai satuan perlindungan masyarakat, wajib memahami dan mengetahui peran mereka dalam mambantu penanggulangan bencana alam.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Merangin H Mashuri ketika mambuka sosialisasi deteksi dini bencana alam 2019 di aula Hotel Suslinda Bangko, Kamis (29/8/2019).

Dijelaskan Mashuri, pada musim kemarau di berbagai kawasan Kabupaten Merangin kondisi tanahnya mengering dan mengalami retak-retak, ketika musim penghujan tiba sekarang ini hal tersebut perlu diwaspadai.

Tanah yang retak-retak itu kondisinya sangat labil, karena bila masuk air bisa mengakibatkan bencana longsor, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya banyak jalan yang tertimbun longsor.

Bencana longsor ini sangat perlu diwaspadai di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Merangin, salah satunya kawasan jalan menuju Kecamatan Jangkat dan sekitarnya.

Maka dari itu, kata Mashuri, perlu peran Satpol PP untuk bisa menanggulangi masyarakat terhadap bencana alam yang berkemungkinan terjadi. Satpol PP harus bisa manunggal dengan masyarakat.

Sebagai upaya mewujudkan kondisi perlindungan masyarakatm Satpol PP berpedoman kepada Permandagri Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

Hal ini tertera pada pasal 9 huruf (a) yang menyatakan bahwa, Satuan Perlindungaan Masyarakat mempunyai tugas membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments