Rabu, 8 Juli 2020

TK KGS Jambi Latih Anak Jaga Kebersihan Diri Sejak Dini


Selasa, 27 Agustus 2019 | 23:11:19 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Pendidikan dan melatih kebersihan diri perlu ditanamkan ke anak sejak dini seperti di usia pra sekolah atau Taman Kanak-Kanak. Upaya inilah yang dilakukan TK Karunia Global School (KGS) Jambi pada anak didiknya.

Siswa diajarkan bagaimana menjalankan pola hidup sehat secara mandiri, seperti menyikat gigi secara rutin dan lain sebagainya.

Menjaga kebersihan diri ini diharapkan tidak hanya dilakukan di sekolah saat bersama guru saja, tetapi tetap dikerjakan ketika di rumah bersama keluarga.

"Kita ajarkan anak menyikat gigi secara rutin, agar terbiasa hingga dewasa," ungkap Kepala TK KGS Jambi Mei Murni, Selasa (27/8/2019).

Menurutnya, praktik menyikat gigi ini dilakukan setelah siswa mendapat penjelasan dalam kelas, sehingga para siswa mengetahui tata cara dan menyikat gigi secara benar.

"Pembelajaran yang efektif adalah siswa diajak mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Materi ini ada dalam tema pelajaran di kelas, yaitu pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri," ungkapnya.

Untuk menunjang kegiatan ini, sekolah juga mengundang pemateri bidang kesehatan seperti dokter gigi atau perawat gigi di kesempatan selanjutnya, sehingga para siswa dapat terus diingatkan agar selalu menjaga pola hidup sehat.

"Apalagi kalau pemateri dari luar menyampaikan materinya sambil bermain, anak-anak tentu lebih suka," paparnya.

Bukan hanya menyikat gigi, peserta didik juga diajarkan bagaimana membuang sampah, meletakkan barang pribadi dan melakukan kebersihan atau gotong royong bersama di dalam kelas.

"Hidup mereka harus disiplin sejak usia dini," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments