Rabu, 18 September 2019

Ketahui Bakat Siswa dan Guru, SD Xaverius 1 Jambi Lakukan Test Finger Print


Rabu, 04 September 2019 | 14:33:05 WIB


Salah seorang siswa saat mengikuti test finger print
Salah seorang siswa saat mengikuti test finger print / jay/metrojambi.com

JAMBI - Kecerdasan anak bisa dibentuk dengan memberikan stimulus yang tepat sasaran bersumber pada pengenalan minat dan gaya belajar.

Namun kebanyakan orang tua di rumah maupun guru di sekolah tidak mengetahui potensi dan apa yang diinginkan anak sesuai kemampuan.

Guna mengatasi masalah tersebut, SD Xaverius 1 Jambi beberapa waktu lalu, menggelar tes finger print untuk mengetahui minat dan bakat peserta didik serta guru maupun karyawan.

Tes terhadap guru dan karyawan ini dilakukan agar nantinya saat mendampingi siswa sesuai kemampuan yang dimiliki dan sekolah tidak salah menunjuk guru tersebut.

"Tes finger print minat dan bakat ini baru tahun pertama kita lakukan," ungkap Kepala SD Xaverius 1 Jambi, Marcellina Murtiningsih Mumpuni, Rabu (4/9/2019).

Dijelaskannya, model pengukuran potensi minat bakat anak ini dilakukan melalui sidik jari atau scanning, yaitu 10 jari ditempelkan pada alat atau finger print, sehingga minat dan bakat anak bisa diketahui atau lebih dikenal psikotes.

Metode tersebut dilakukan untuk mengukur atau mengetahui gaya bekerja otak yang dominan dalam kaitannya dengan potensi bakat, motivasi, karakter dan gaya belajar anak di sekolah.

"Jadi tesnya tidak menggunakan metode tertulis atau ujian wawancara, tetapi melalui alat tersebut," jelasnya.

Menurutnya, sebelumnya ketika sekolah menjaring minat bakat dan potensi anak dilakukan secara langsung atau main tunjuk, sehingga hasilnya tidak maksimal. "Banyak anak yang tergabung dalam ekskul tidak sesuai minatnya,” katanya.

Setelah dilakukan tes finger print, diharapkan bisa mempengaruhi prestasi anak di sekolah dan membantu guru dalam pendampingan pengembangan minat bakat.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments