Rabu, 13 November 2019

SD 1 Kota Jambi Sulap Ruang Depan Kelas Jadi Teras Literasi


Rabu, 04 September 2019 | 14:49:29 WIB


Beberapa siswa saat membaca buku di teras literasi yang nyaman
Beberapa siswa saat membaca buku di teras literasi yang nyaman / Jainal Abidin/Metrojambi.com

JAMBI - Menyajikan tempat membaca yang nyaman bagi siswa terkadang sangat sulit, karena terkendala lokasi sempit dan tidak teratur.

Namum hal ini tidak berlaku bagi SD Negeri 01 Kota Jambi. Pasalnya sekolah memanfaatkan teras depan ruangan Kelas IVa menjadi ruang literasi yang nyaman bagi siswa untuk membaca buku.

"Awalnya ruangan literasi itu jadi tempat tanaman, namun kurang pencahayaan jadinya tanaman mati," ungkap Walikelas Kelas IVA SD Negeri 01 Sefniyowanita, Rabu (4/9/2019).

Akhirnya muncul ide untuk memanfaatkan ruangan tersebut agar tidak mubazir. Ruang itu kemudian disulap menjadi teras literasi dengan menyediakan buku bacaan yang dapat dibaca siswa saat jam istirahat atau duduk santai jelang dimulai jam pelajaran.

"Dari pada anak-anak bermain, lebih baik memanfaatkan teras literasi ini," ujarnya.

Menariknya di teras literasi ini, ada fasilitas pendukung seperti meja dan kursi yang memanfaatkan limbah plastik botol bekas minuman yang disulap secantik dan senyaman mungkin.

"Ada pohon literasi dari barang bekas seperti potnya bekas cat, batangnya ranting pohon yang mati dan daunnya dari botol minuman. "Kita daur ulang limbah plastik menjadi barang berguna," paparnya.

Menurutnya, sekolah saat ini bukan menjadi tempat yang membosankan, melainkan rumah kedua bagi siswa karena nyaman dan menyenangkan serta didukung suasana sekolah yang sejuk dan rindang karena terdapat banyak tanaman.

"Terlebih SD Negeri 1 sebagai sekolah ramah anak, sehingga lokasinya kita buat senyaman mungkin," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments