Selasa, 15 Oktober 2019

Aktivitas Murid SD Xaverius 1 Jambi di Luar Ruangan Dibatasi


Senin, 02 September 2019 | 21:43:09 WIB


Dampak kemarau dan kabut asap, aktivitas pelajar SD Xaverius I Jambi dilakukan di dalam ruangan
Dampak kemarau dan kabut asap, aktivitas pelajar SD Xaverius I Jambi dilakukan di dalam ruangan / metrojambi.com

JAMBI - Kemarau panjang dan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi belakangan ini, mengakibatkan beberapa aktivitas di luar ruangan terganggu.

Kondisi ini dirasakan murid Sekolah Dasar (SD) Xaverius 1 Jambi, yang biasanya memanfaatkan halaman sekolah untuk kegiatan belajar atau bermain.

"Semenjak kemarau dan kabut asap, aktivitas anak di luar ruangan kita batasi," ujar Kepala SD Xaverius 1 Marcelina Mumpuni, Senin (2/9/2019).

Menurutnya, himbauan tersebut dikeluarkan setelah ada instruksi dari Walikota Jambi terkait kondisi udara Kota Jambi yang sudah tidak sehat dan anak-anak di beberapa sekolah diliburkan.

Dikuatirkan kondisi kabut asap ini akan berakibat buruk bagi kesehatan terutama pernafasan. "Kondisi ini bisa membuat anak-anak sakit," paparnya.

Meskipun hujan sempat turun beberapa kali, namun kondisi udara masih kotor, dan solusi terbaik adalah siswa diminta melakukan aktivitas di dalam ruangan, karena sekolah memiliki ruang berventilasi udara yang nyaman.

"Ruang serbaguna yang ada di sekolah bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga," katanya.

Ia berharap kondisi seperti ini tidak lama, karena aktivitas belajar siswa tidak maksimal. "Mudah-mudahan cuaca udara di Kota Jambi segera membaik," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments