Rabu, 13 November 2019

Ajarkan Demokrasi, SMP 20 Kota Jambi Gelar Pemilihan Ketua OSIS


Minggu, 08 September 2019 | 23:08:45 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Guna memberikan pembelajaran demokrasi kepada siswa, SMP Negeri 20 Kota Jambi menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk program kerja 2019-2020.
Pemilihan ini dilaksanakan di halaman sekolah, Kamis (05/09) dan diikuti lima pasang calon ketua dan calon wakil ketua OSIS SMP Negeri 20 Kota Jambi.

Kepala SMP Negeri 20 Jasmen Munthe menyebutkan, pemilihan Ketua OSIS ini untuk mendidik siswa tentang bagaimana cara berdemokrasi yang baik, benar, jujur dan adil seperti yang dilakukan saat pemilihan umum yang diselenggarakan KPU.

Menurutnya, pemilihan seperti ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. "Pemilihan ini diikuti seluruh siswa Kelas VII, Kelas VIII, Kelas IX, guru, kepala sekolah, dan pegawai SMP Negeri 20," jelasnya.

Jasmen mengatakan, pemilihan ini juga mengajarkan kepada siswa bagaimana tahapan pemilu yang dilakukan setiap lima tahun sekali yang diselenggarakan KPU.

“Dimulai tahapan pendaftaran calon, seleksi, penetapan nama calon, kampanye dan debat calon. Setelah itu baru dilakukan pemungutan dan penghitungan suara serta penetapan calon terpilih," paparnya.

Pada hari H pemilihan, tampak guru dan seluruh siswa antusias mengikuti kegiatan itu. Pemilihan juga bertujuan supaya anak didik menjadi terbiasa dalam mengikuti pemilihan apapun, untuk menyalurkan hak suaranya.

Pada pemilihan ini, seluruh calon harus bisa menerima apapun hasil yang diperoleh dan yang terpilih nantinya dapat memberi contoh positif bagi teman-temannya. "Semoga ketua OSIS yang baru terpilih, dapat mengemban amanah," harapnya.

Jasmen mengatakan, selain mengenalkan sistem demokrasi, lewat kegiatan ini, juga agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah yaitu di kalangan temannya.

"Dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan mengenal sistem demokrasi langsung dan dapat menggunakan hak suaranya  dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini Ketua OSIS," ungkapnya.

Jasmen juga berharap dengan pemilihan Ketua OSIS ini, dapat membentuk karakter siswa. Dimana mereka diajarkan pentingnya kerjasama dalam menyelesaikan masalah hingga mengambil keputusan untuk kepentingan orang banyak.

"Guru di SMP 20 Kota Jambi juga turut berperan dalam pemungutan suara dan secara tidak langsung memiliki kewajiban membina anak didiknya, memberi contoh sehingga siswa memiliki karakter yang makin kuat," katanya.

Setelah dilakukan pemilihan, kata Jasmen, hasilnya akan diumumkan setelah seluruh suara dikumpulkan dan dilakukan penghitungan. "Kemungkinan pekan depan baru diketaui ketua dan wakil ketua OSIS terpilih," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments