Rabu, 18 September 2019

Guru Bahasa Indonesia Dilatih Menulis Karya Ilmiah


Senin, 09 September 2019 | 21:34:08 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Guna meningkatkan kompetensi dan pemahaman dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas, guru perlu mendapatkan pendampingan dan pelatihan secara rutin. Tujuannya agar ada peningkatan bagi tenaga pengajar, baik dalam hal penyampaian materi pelajaran maupun strategi dalam mengajar.

Untuk mencapai target tersebut, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kota Jambi, menggelar pelatihan bagi tenaga pendidik di SMP Negeri 16 Kota Jambi.

Pemateri kegiatan ini adalah Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Negeri 25 Kota Jambi, Siti Fatimah dan juga Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Jambi. Selama pelatihan peserta diberikan materi bagaimana membuat karya ilmiah sesuai tema mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan kepada siswa di kelas.

“Nantinya ilmu yang didapat selama pelatihan dapat diterapkan kepada siswa. Peserta juga harus membuat karya ilmiah atau literasi," jelas Siti Fatimah, Senin (9/9/2019).

Panitia juga mendatangkan pakar Bahasa Indonesia dari Magister Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Jambi (Unja) yakni Dr Herman Budiyono dan Priyanto, Mpd.

Fatimah menyebutkan, pelatihan ini bertujuan agar kompetensi peserta dalam membuat karya ilmiah meningkat. Karya tersebut bisa dipublikasikan setelah memiliki Internasional Standard Serial Number (ISSN) sebagai bahan kenaikan pangkat.

"Karena salah satu syarat kenaikan pangkat bagi ASN khususnya guru harus membuat karya ilmiah," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments