Kamis, 2 Juli 2020

Dilanda Kemarau, Stok Pangan di Jambi Masih Aman


Senin, 09 September 2019 | 20:33:52 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok.metrojambi.com

JAMBI - Musim kemarau panjang yang melanda Provinsi Jambi belakangan ini sudah sepatutnya berdampak terhadap tanaman padi petani. Ratusan hektare tanaman padi petani khususnya didaerah dipastikan gagal panen.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi menaku, meskipun demikian untuk cadangan pangan di Provinsi Jambi masih aman.

"Alhamdulillah sejauh ini komoditi pangan kita khusushya beras tidak ada persolan, karena produksi beras kita tahun kemarin masih banyak stok," ujarnya, Senin (9/9/2019).

Menurut Amir apabila terjadi masalah produksi beras di Provinsi Jambi, maka Jambi memilki sentra-sentra produsen beras yang ada di lima Kabupaten.

"Selain itu, masalah beras ini juga tergantung distribusi, jika stock beras berkurang di Jambi bisa didrop dari provinsi lain," bebernya.

Dibandingkan tahun lalu, Amir mengatakan untuk kemarau tahun ini belum ada pengaruh, karena produksi di tahun kemarin stok banyak di gudang.

"Kemudian di tingkat petani kita punya lumbung pangan masyarakat. Kemudian kita punya cadangan pangan di Bulog, kalau seandainya suatu saat daerah kita ada kekurangan pangan kita bisa drop," terangnya.

Amir menyebut Dinas ketahanan Pangan Provinsi Jambi memiliki cadangan sebanyak 51 Ton beras di Bulog. Sementara itu, untuk alternatif pangan laninya, lanjutnya, siap dengan jenis komoditi umbi-umbian, jagung dan lain-lain.

"Insya Allah masalah pangan kita aman lah," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments