Jumat, 20 September 2019

Dampak Kabut Asap, Pemprov Jambi Liburkan Siswa SMA/SMK dan SLB


Selasa, 10 September 2019 | 21:18:16 WIB


/ istimewa

JAMBI – Sekretariat Daerah Provinsi (Pemprov) Jambi telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh kepala SMA/SMK/SLB baik negeri dan swasta di Provinsi Jambi, terkait dengan kondisi udara yang mulai berkabut tebal sejak beberapa hari terakhir. Imbauan tersebut ditandatangani oleh Sekda Provinsi Jambi M Dianto, tertanggal 10 September 2019.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi Agus Herianto mengatakan, imbauan tersebut dikeluarkan menindaklanjuti hasil rapat Satgas Karhutla Provinsi Jambi, Selasa (10/9/2019).

Berdasarkan hasil pemantauan menggunakan alat AQMS, diperoleh Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) udara berada di angka 99, atau dalam kategori sedang.

Atas dasar tersebut, SMA/SMK/SLB negeri dan swasta di wilayah Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Tanjab Timur, dan Tanjab Barat diimbau untuk meliburkan siswanya selama satu hari.

"Libur Rabu tanggal 11 September selama satu hari," kata Agus.

Selain itu, Agus mengatakan, kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar juga diimbau untuk mengurangi aktifitas di luar kelas. Selanjutnya sangat disarankan untuk menggunakan masker pelindung bagi warg sekolah di tiap satuan pendidikan yang wilayahnya terdampak.

"Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi seluruh warga sekolah di setiap satuan pendidikan. Serta tidak melakukan pembakaran sampah di lingkungan satuan pendidikan," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah mengatakan, imbauan libur sekolah untuk empat kabupaten/kota tersebut berdasarkan hasil rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua satgas Karhutla Provinsi Jambi.

Rapat dihadiri oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan.

"Atas hasil rapat itu, Pak Gubernur langsung memerintahkan sekda Provinsi Jambi untuk membuat surat himbauan pada SMA/SMK/SLB agar libur satu hari," tuturnya.

Diketahui, kata Johansyah, berdasarkan pantauan BMKG, bahwa asap yang ada di Kota Jambi dan sekitarnya, merupakan dampak Karhutla yang terjadi di Kecamatan Medak, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Dengan jarak pandang di Kota Jambi pada tanggal 9 kemarin 1.300-8000 meter," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments