Selasa, 15 Oktober 2019

Anggota Dewan Diminta Segera Buktikan Janji Kampanye


Selasa, 10 September 2019 | 11:49:03 WIB


Wasekjend Indonesian Diaspora Global Network , Doni Ropawandi,
Wasekjend Indonesian Diaspora Global Network , Doni Ropawandi, / istimewa

JAMBI - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi telah dilantik dan sekarang telah resmi menjadi anggota legeslatif untuk periode 2019-2024.

Pelantikan anggota dewan terpilih ini juga turut menjadi perhatian mantan ketua umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) se-Malaysia, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat PPI Dunia periode (2019/2020) dan juga merupakan Wasekjend Indonesian Diaspora Global Network (2019/2021), Doni Ropawandi.

Doni mengatakan, bahwa perlu sebuah statement dan jaminan anggota dewan terpilih untuk mengutamakan kepentingan rakyat di atas segala kepentingan-kepentingan yang ada sesuai dengan janji kampanye.

"Saya dan kita semua berharap mereka bekerja sesuai dengan janji awal dan kepentingan rakyat. Karena itu adalah tanggung jawab mereka, jangan sampai janji tinggal janji," katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, sebagai anggota dewan terpilih tentunya paham dan khatam terhadap tiga Tupoksi utama mereka di dewan legislatif. Anggota dewan memiliki tiga fungsi pokok yakni legislasi berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, penganggaran dalam hal anggaran daerah (APBD) dan pengawasan atau mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

“Adalah sangat penting para dewan yang terhormat mengetahui itu, karena jangan sampai kejadian beberapa waktu lalu ada anggota dewan terpilih tidak mengetahui Tupoksi mereka. Kan itu bikin malu dewan kita,” tukas mahasiswa program doktor di UKM Malaysia dan NTUST Taiwan itu.

Tidak hanya itu, sambung Doni, salah satu kewajiban anggota dewan perlu menjaga diri agar tak terlibat dari tindakan KKN apalagi sampai terjadi OTT KPK seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

"Hal ini diharapkan menjadi pelajaran penting untuk berbenah kedepannya, jangan sampai nama tercoreng lagi dengan kejadian yang sama karena yang malu bukan mereka para dewan saja akan tetapi juga saya sebagai diaspora asal Jambi yang berkarier di luar negeri," tandasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments