Jumat, 20 September 2019

KPK Kembali Perpanjang Masa Penahanan 5 Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi


Rabu, 11 September 2019 | 21:01:51 WIB


Mantan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 Zainal Abidin dan Effendi Hatta saat ditahan penyidik KPK beberapa waktu lalu
Mantan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 Zainal Abidin dan Effendi Hatta saat ditahan penyidik KPK beberapa waktu lalu / dok.metrojambi.com

JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan perpanjangan penahanan terhadap lima mantan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, yang tersangkut kasus suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi tahun 2018.

Perpanjangan penahanan kedua ini dilakukan untuk kelima tersangka sekaligus, yakni Muhamadiyah, Efendi Hatta, Zainal Abidin, Gusrizal, dan El Helwi. Permohonan perpanjangan kedua ini diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jambi untuk 30 hari ke depan.

Kepala Pengadilan Negeri Jambi Edi Pramono saat dikonfirmasi mengakui telah menerima surat permohonan perpanjangan dari KPK. "Kemarin, Selasa (10/9/2019), kita terima via email," ujarnya dikonfirmasi usai sidang, Rabu (11/9/2019).

Dia menyebutkan, perpanjangan tersebut di lakukan selama 30 hari ke depan untuk para tersangka. "Mereka beda tanggal perpanjangannya," sebutnya.

Untuk Muhamadiyah, Zainal Abidin dan Efendi Hatta yang diperpanjang mulai dari 16 September 2019  sampai 15 oktober 2019. Sementara untuk tersangka Gusrizal dan El Helwi diperpanjang mulai dari 22 September 2019 sampai 21 Oktober 2019.

"Karana penahanan mereka beda, makanya beda juga tanggalnya. Tetapi perpanjangannya tetap sama yaitu selama 30 hari," pungkasnya.

Untuk diketahui, Muhamadiyah, Efendi Hatta, Zainal Abidin, Gusrizal, dan El Helwi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan menerima suap uang ketok palu pengesahaan RAPBD 2018 lalu.

Selain lima orang ini, KPK juga telah menetapkan tersangka lainnya, yakni tiga unsur pimpinan yaitu Ketua DPRD Cornelis Buston (CB), Wakil Ketua DPRD AR Syahbandar (ARS), dan Wakil Ketua DPRD Chumaidi Zaidi (CZ).

Selanjutnya, lima pimpinan fraksi, antara lain Sufardi Nurzain (SNZ) dari Fraksi Golkar, Cekman (C) dari Fraksi Restorasi Nurani, Tadjudin Hasan (TH) dari Fraksi PKB, Parlagutan Nasution (PN) dari Fraksi PPP, dan Muhammadiyah (M) dari Fraksi Gerindra.

Kemudian, satu pimpinan komisi, yaitu Zainal Abidin (ZA) selaku Ketua Komisi III dan satu anggota DPRD Provinsi Jambi Effendi Hatta (EH). Terakhir dari unsur swasta adalah Jeo Fandy Yoesman alias Asiang (JFY).


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments