Jumat, 20 September 2019

Ratusan Warga Sarolangun Idap Gangguan Jiwa


Rabu, 11 September 2019 | 21:16:21 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN - Dinas Kesehatan Sarolangun merilis jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat di Kabupaten Sarolangun. Tercatat, hingga saat ini sudah ada ratusan jiwa yang menderita OGDJ di kabupaten tersebut.

Berdasarkan pendataan Dinkes, saat ini ada 290 orang yang menderita OGDJ. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan ODGJ berat pada tahun 2018, yang berjumlah sekitar 213 orang.

Menyikapi hal itu, Dinas Kesehatan Sarolangun melalui Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) menggelar Pelatihan Pengelola Program Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Jiwa.

“Dengan adanya pelatihan petugas kesehatan jiwa ini, kami berharap dukungan dan kerja sama dalam menangani masalah ini, sehingga dapat menurunkan angka kesehatan jiwa di Kabupaten Sarolangun terutama di Indonesia,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Bambang Hermanto melalui Kabid P2P Diana.

Dirinya juga mengatakan, bahwa permasalahan kesehatan jiwa menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan tidak hanya bagi penderita saja, namun juga berdampak bagi keluarga dan masyarakat.

“Masalah kesehatan jiwa sangat mempengaruhi produktivitas dan kualitas kesehatan perorangan dan masyarakat, karena itu dibutuhkan kerjasama multi sektor,” katanya lagi.

Pelatihan tersebut diikuti 48 Peserta yang berasal dari petugas kesehatan jiwa dari 16 Puskesmas yang ada di Wilayah Kabupaten Sarolangun.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments