Selasa, 22 Oktober 2019

Bupati Sarolangun Ikut Padamkan Kebakaran Lahan


Jumat, 13 September 2019 | 14:56:19 WIB


 Bupati Sarolangun H Cek Endra, Kamis (12/9/2019), langsung turun tangan ikut memadamkan api yang membakar lahan di wilayah pinggiran Kota Sarolangun.
Bupati Sarolangun H Cek Endra, Kamis (12/9/2019), langsung turun tangan ikut memadamkan api yang membakar lahan di wilayah pinggiran Kota Sarolangun. / Luncai Hendri/ Metrojambi.com

SAROLANGUN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Sarolangun saat ini masih saja terjadi. Bahkan kabut asap juga sudah terlihat menebal di Kabupaten Sarolangun.

Terkait hal ini, Bupati Sarolangun H Cek Endra, Kamis (12/9/2019), langsung turun tangan ikut memadamkan api yang membakar lahan di wilayah pinggiran Kota Sarolangun. Selain Bupati Cek Endra juga terlihat sejumlah Kepala OPD terkait, Camat Sarolangun Huzairin Saman, dan Seklur Aur Gading Findra Utama.

Lokasi pertama yang didatangi Bupati yakni RT 22 Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun, tepatnya di belakang Lembaga Pemasyarakatan Sarolangun. Kemudian dilanjutkan ke Desa Sungai Abang, Kecamatan Sarolangun.

"Kita sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan karhutla yang ada saat ini. Dengan alat yang digunakan saat ini setidaknya bisa memperlambat penyebaran api," kata Cek Endra.

Bupati juga menyebutkan jika Karhutla di Kelurahan Aur Gading saat ini sudah mencapai 3 hektare lebih. Selain itu mayoritas lokasi yang terbakar merupakan lahan masyarakat yang tidak terawat.

Terkait kebakaran ini, Cek Endra mengimbau agar masyarakat untuk menjaga lahannya masing-masing. "Lebih baik mencegah dari pada menunggu tim untuk memadamkan api. Saya juga minta agar masyarakat berhati-hati dan jangan membuang puntung rokok serta membakar sembarangan hal ini sangat berbahaya dan mudah menyebabkan kebakaran hutan dan lahan," pintanya..

Untuk beberapa hari ke depan, ia juga menegaskan akan meliburkan sekolah jika kualitas udara di Sarolangun bertambah buruk. "Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun akan meliburkan anak sekolah demi kesehatan jika kondisi udara di Sarolangun bertambah buruk," pungkasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments