Sabtu, 19 Oktober 2019

Lantik 57 Kasubag TU SMA/SMK, Agus: Masih Ada 200 Jabatan Kosong


Jumat, 13 September 2019 | 16:29:41 WIB


Kadisdik Provinsi Jambi Agus Heriyanto saat melantik 57 Kasubag TU SMK/SMK
Kadisdik Provinsi Jambi Agus Heriyanto saat melantik 57 Kasubag TU SMK/SMK / metrojambi.com

JAMBI - Sebanyak 57 orang Kasubag Tata Usaha (TU), Jumat (13/9/2019), resmi dilantik oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi Agus Heriyanto. Meski demikian, masih ada sekitar 200 jabatan Kasubag TU SMA/SMK se Provinsi Jambi yang kosong dan belum tuntas.

Agus mengatakan, hal tersebut dikarenakan saat ini Disdik masih kekurangan Sumber Daya.  "Itu salah satu sebab, makanya kita terus memverifikasi siapa yang layak untuk diangkat menjadi Kasubag TU," tuturnya.

Diketahui, hingga hari ini, total Kasubag TU SMA/SMK yang telah dilantik pihak Disdik Provinsi Jambi sendiri berjumlah 70 orang. Dimana Disdik sebelumnya telah melantik sekitar 13 orang Kasubag TU sekolah.

"Berarti sisanya masih ada sekitar 200an sekolah yang belum, dari total 273 SMA/SMK di Provinsi Jambi," ungkap Agus

Menurutnya, tugas Kasubag TU di satuan pendidikan ini cukup berat. Yang saat ini masih menjadi persolan dan harus diselesaikan adalah pengelolaan dan penataan usaha aset di satuan pendidikan.

"Jadi yang menjadi catatan BPK bahwa pengalihan kewenangan SMA/SMK dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi, kita baru mampu memverifikasi aset di satuan pendidikan itu sebanyak 105 sekolah. Jadi masih ada sekitar 50 persen lebih, yang belum kita bersertifikasi ulang. Dan itu saya tegaskan tadi, ini menjadi tugas bapak ibu selaku Kasubag TU," beber Agus.

Dikatakannya lagi, proses pelantikan ini tidak ada yang ditutupi, mungkin hanya miss comunication saja. "Tahapan dalam pelantikan juga tidak ada yang menyalahi aturan, mereka yang dilantik memang layak untuk ditempatkan diposisinya," ungkapnya.

Soal anggapan ada permainan uang dalam pelantikan ini, Agus menyatakan tidak benar. "Kalau ada yang bermain silakan buktikan, dan kalau terbukti yang bersangkutan bisa dicopot dari posisinya," katanya.

Agus menyebutkan, usai pelantikan dirinya melakukan sesi wawancara dengan awak media. "Jadi tidak ada yang ditutupi. Masalah foto juga saya sampaikan untuk mengambil dengan bagian dokumentasi Disdik," ujarnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments