Minggu, 12 Juli 2020

Pertemuan Lima Bupati di Kerinci Juga Bahas Kabut Asap


Minggu, 15 September 2019 | 11:06:14 WIB


Bupati Merangin Al Haris bersama Bupati Bungo Mashuri, Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro, dan Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto saat mengikuti kegiatan di Kabupaten Kerinci
Bupati Merangin Al Haris bersama Bupati Bungo Mashuri, Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro, dan Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto saat mengikuti kegiatan di Kabupaten Kerinci / Humas Pemkab Merangin

BANGKO - Selain berbagai permasalan penting untuk percepatan kemajuan Provinsi Jambi, pada olahraga bersama lima bupati di Kabupaten Kerinci juga membahas munculnya kabut asap.

Kabut asap yang dalam sepekan terakhir kian menyelimuti sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jambi ini, justru menjadi pembicaraan yang paling hangat pada silaturahmi tersebut.

Semua bupati yang hadir sepakat, secepatnya bisa memandamkan titik api di daerahnya yang masih mengepul. Berbagai pencegahan juga dilakukan, sehingga tidak banyak warga yang mengidap Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

‘’Kami sepakat tidak ada lagi warga yang sengaja membuka lahan pertanian dengan mambakar hutan. Jika masih ada akan segera ditindak tegas. Kami juga minta warga tidak membakar sampah di perkarangan rumah,’’ ujar Bupati Merangin H Al Haris.

Selain itu, lanjut Haris, para bupati yang wilayahnya masih diselimuti asap juga sudah meluncurkan program pembagian masker gratis di setiap kabupatennya, sehingga akan mengurangi jumlah warga yang terserang ISPA.

Larangan mengurangi aktivitas masyarakat, terlebih anak-anak di luar rumah juga telah dilakukan. Sejumlah wilayah yang kabut asapnya tebal, aktivitas belajar mangajar juga telah dihentikan sementara waktu.

Para petugas medis di rumah sakit dan Puskesmas juga diimbau untuk selalu siap siaga, terhadap membludaknya penderita ISPA. Pertolongan kesehatan akan dilakukan secara cepat, begitu ada warga yang terserang ISPA.

Tidak hanya itu, Haris mengatakan persediaan air bersih masyarakat juga terus terjaga. Petugas dari PDAM terus melakukan operasi air bersih di daerah-daerah rawan pasca musim kemarau ini.

‘’Kita juga sediakan sumber-sumber cadangan air melalui sumur-sumur bor yang telah dibuat. Warga jangan sampai kekurangan air dan wajib menyimpan air, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran,’’ ujarnya.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments