Kamis, 6 Agustus 2020

Budayakan Gemar Membaca, SD Negeri 131 Kota Jambi Luncurkan Kamis Literasi


Kamis, 12 September 2019 | 21:48:01 WIB


Salah satu aktivitas siswa SD 131 Kota Jambi ketika berada di kelas
Salah satu aktivitas siswa SD 131 Kota Jambi ketika berada di kelas / metrojambi.com

JAMBI – Guna meningkatkan budaya membaca di kalangan siswa, Sekolah Dasar (SD) Negeri 131 Kota Jambi sejak setahun belakangan ini, meluncurkan program Kamis Literasi.

Program ini dibuat usai sekolah yang berlokasi di Jalan Kapt A Khatib, Pematang Sulur, Telanaipura ini mendapatkan pelatihan tentang budaya baca. Dampaknya, geliat literasi dan budaya baca di SDN 131 Kota Jambi mulai menampakkan hasilnya.

Kepala SDN 131, Basyir menyebutkan, di program Kamis Literasi ini setiap minggu, temanya akan selalu berganti. “Ada petualangan, ada cerita hewan dan lainnya,” ujarnya, Kamis (12/9/2019).

Tidak hanya mengganti tema setiap minggu, setelah membaca siswa juga akan menceritakan kembali. ‘’Tujuannya, agar apa yang dibaca dapat difahami oleh siswa, juga untuk melatih kemampuan berbicara siswa,” jelasnya.

Menurutnya, orang tua juga aktif memberikan dukungan, seperti infaq buku bacaan non mata pelajaran. “Prinsipnya adalah tidak ada paksaan dan dimusyawarahkan bersama, dari siswa, oleh siswa dan kembali ke siswa,” katanya.

Sementara itu, Nurfaidah, guru Kelas VA menyebutkan, sebelumnya pembelajaran di SD 131 hanya menggunakan metode ceramah atau penjelasan tanpa ada refleksi di depan kelas dan tidak melibatkan lingkungan sekolah. "Siswa hanya mendengarkan tanpa diberi kesempatan aktif," katanya.

Namun kini, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lebih aktif dan saat guru mengajar lebih kreatif, siswa juga aktif dalam pembelajaran. "Siswa lebih aktif bertanya dan menjawab pertanyaan serta berani tampil di depan kelas tidak malu-malu lagi seperti sebelumnya," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments