Sabtu, 11 Juli 2020

Sejumlah Tukang di Sarolangun akan Kembali Dilatih


Minggu, 15 September 2019 | 21:12:22 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok.metrojambi.com

SAROLANGUN - Guna mewujudkan tukang konstruksi yang berkompeten, Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun terus melakukan pendidikan dan pelatihan terhadap para tukang yang ada di setiap desa dalam wilayah tersebut.

Kabupaten Sarolangun kali ini akan kembali menambah pelatihan pertukangan. Seperti yang dikatakan Anzalina Novi, Kabid Bina Program Dinas PU-PR Sarolangun, tahun ini pelatihan tukang sudah dilakukan namun baru 30 orang dan akan dianggarkan lagi pada APBD-P.

“Alhamdulillah pada anggaran murni kita sudah diklatkan tukang sebanyak 30 orang. Dan akan kita tambah kuotanya pada perubahan nanti sebanyak 50 orang,” kata Novi, Minggu (15/9/2019).

Dia mengatakan, terhitung sejak tahun 2017 hingga tahun ini tukang yang telah mengikuti diklat dan memiliki sertifikat tukang sebanyak 210 orang.

“Sertifikat ini penting, di samping menambah nilai tawar para tukang juga meningkatkan ekonomi para tukang melalui sertifikat yang mereka punya. Di samping itu, sertifikat itu salah satu syarat paket tender dan PL, khususnya ahli beton dan pasang bata,” terangnya.

Jenis pelatihan tukang yang sudah dilakukan yakni, tukang keramik, tukang bata, plester, beton, kayu dan tukang cat. “Rencananya pada perubahan nanti kita akan diklatkan tukang yang khusus pemasangan instalasi listrik,” ujarnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments