Minggu, 15 Desember 2019

Soal Assessment Ulang 37 Pejabat Eselon II, Ini Kata Sekda Provinsi Jambi


Senin, 16 September 2019 | 10:23:05 WIB


Sekda Berfoto Bersama para pejabat eselon II Pemprov Jambi
Sekda Berfoto Bersama para pejabat eselon II Pemprov Jambi / Rina/metrojambi.com

JAMBI - Nasib 37 pejabat eselon II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mulai ditentukan hari ini, Senin (16/9/2019). Kecakapan mereka dalam memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selama ini akan diuji kembali, dan dua tahun masa jabatan akan dievaluasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto mengatakan, assessment merupakan upaya bersama untuk melaksanakan reformasi birokrasi yang mengedepankan merit system, dalam upaya penempatan sumber daya manusia (SDM) aparatur berbasis kompetensi.

Kebijakan ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Hal tersebut disampaikan Dianto dalam pembukaan kegiatan assessment test uji kesesuaian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di aula BPSDM Provinsi Jambi, Senin (16/9/2019).

"Hari ini kita melaksanakan assessment tes dan kita assessor data adalah dari BKD Provinsi Riau. Kenapa kita menggunakan BKD Provinsi Riau? Karena di BKD Provinsi Riau itu sudah ada assessment center dan mereka sudah teruji dan sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan untuk assessment seperti yang kita laksanakan sekarang," tuturnya.

Sebanyak 37 pejabat Pemprov Jambi yang disetujui mengikuti uji kesesuaian ini dalam masa kerja lebih dari 2 tahun.

"Kemarin ada usulan yang lainnya tapi tidak setujui karena mereka masa kerjanya masih di bawah 1 tahun. Artinya yang baru dilantik kemarin adalah 3 staf ahli Gubernur 1 orang asisten baru ada beberapa orang kepala dinas itu yang usia kerja nya masih di bawah 1 tahun. Dan yang kita lakukan assesment ini adalah yang masa kerjanya lebih dari 2 tahun," jelas Dianto.

 37 pejabat tersebut, lanjutnya, hari ini akan melaksanakan ujian tertulis. Sedangkan Selasa (17/9/2019) besok akan diadakan proses wawancara terkait dengan tupoksi serta visi misi dari OPD yang mereka pegang saat ini.

"Hasilnya seminggu setelah ini, dari BKD Riau atau assessment center BKD Riau akan menyampaikan kepada kami selaku ketua panitia pelaksana nanti kami akan menyampaikan kepada bapak Gubernur," kata Dianto.

Dianto berharap melalui assessment ini, Gubernur Jambi dapat mengetahui kriteria tipikal kepemimpinan kinerja para OPD selama ini.

"Atas dasar itulah barulah pak Gubernur bisa menempatkan orang perorang sesuai dengan tempat yang dibutuhkan. Mudah-mudahan Pak Gubernur berpegang dengan hasil ini," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments