Selasa, 22 Oktober 2019

Ciptakan Seribu Pramuka Garuda Simpatik 2022, Kwarda Jambi Gelar Kursus Pengelolaan Gudep


Selasa, 17 September 2019 | 14:40:31 WIB


/ Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Guna meningkatkan kapasitas pembina Pramuka dalam mengelola Gugus Depan (Gudep) sebagai upaya menciptakan Pramuka Garuda Simpatik, maka Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi menggelar pelatihan bagi 38 pembina Pramuka dari golongan Siaga, Penggalang, Penegak, serta andalan utusan dari Kwarcab dalam jajaran Kwarda Jambi. Kegiatan dibuka Senin (16/9/2019) malam di kawasan Hutan Kota, Kota Jambi.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi H. Sudirman, SH, MH yang diwakili Waka Sarpras dan Keuangan Kwarda Jambi H. AS Budianto, MM mengatakan, sampai saat ini gerakan Pramuka, khususnya Kwarda Gerakan Pramuka, belum mempunyai data yang valid mengenai anggota Gerakan Pramuka.

"Hal ini tentu sangat memprihatinkan mengingat Indonesia termasuk dalam urutan 5 besar di dunia yang mempunyai anggota pramuka terbanyak," ujarnya.

Menyikapi permasalahan tersebut, Budianto mengatakan, Kwarda Jambi berusaha untuk melakukan pembenahan dan pendataan anggota Gerakan Pramuka, khususnya di tingkat Gudep, di mana sumber utama anggota gerakan pramuka adalah Gudep atau sekolah.

"Dalam melaksanakan pendataan dan pembenahan anggota gerakan pramuka secara baik dan benar tidak terlepas dari peran serta pihak yang saling berkaitan yaitu Kwarcab dan Kwarran," jelasnya.

Budianto menyampaikan, peran Kwaracb sebagai perpanjangan tangan Kwarda dibutuhkan untuk mendapatkan data valid mengenai keanggotaan pramuka begitu juga peran Kwarran sebagai perpanjangan tangan Kwarcab. "

Karena Kwartir ranting memiliki akses langsung ke sekolah-sekolah atau Gudep sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka," katanya.

Budianto juga menyebut, kegiatan khusus pengelola Gudep ini berlangsung dari tanggal 16 hingga 20 September mendatang. Dengan dimaksud untuk meningkatkan kapasitas pembina Pramuka dalam pengelolaan Gudep yang baik dan benar sebagai upaya menciptakan Pramuka Garuda Simpatik serta untuk mendukung program unggulan Kwarda Jambi yaitu menciptakan 1000 Pramuka Garuda simpatik tahun 2022.

"Selama kegiatan ini berlangsung peserta semua akan ditempatkan di tenda-tenda sehingga akan merasakan langsung berkegiatan dalam bentuk perkemahan dengan harapan nantinya mereka mampu untuk melaksanakan kegiatan seperti ini meskipun dalam konteks yang berbeda untuk peserta didik di masing-masing gudep," terang Budianto.

Menurutnya, peserta awalnya akan diberikan natura untuk konsumsi selama kegiatan berlangsung tetapi mengingat kondisi yang saat ini kurang memungkinkan (kabut asap, red), maka natura yang diberikan hanya untuk sarapan pagi saja.

"Hal ini sangat bagus karena selain untuk melatih keterampilan memasak juga untuk melatih manajemen waktu sehingga tidak mengganggu jadwal yang sudah dibuat oleh tim pelatih," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments