Jumat, 18 Oktober 2019

Progres Pembangunan Jalur Kereta Api di Jambi Masih Sangat Rendah


Rabu, 18 September 2019 | 10:33:30 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

JAMBI - Progres rencana pembangunan jalur kereta api yang akan menghubungkan Kota Jambi - Kabupaten Bungo, hingga kini masih sangat rendah, baru dalam tahap perencanaan dan studi Amdal.

Selain itu, di Kota Jambi jalur kereta api ini masuk jalur regional. Sedangkan untuk Jalur nasional akan melewati Jambi - Riau, Jambi - Betung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra menyebut, pihaknya telah mengajukan dokumen pengkajian Amdal di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi untuk tahap kedua yakni di rute Tebo - Kota Jambi, yang mana pada tahap pertama sudah selesai untuk di rute Bungo -Tebo sepanjang 27 Kilometer.

Namun untuk pengkajian Amdal ini, menurut Vahrial, sebelumnya terkendala dengan belum adanya Komisi pengkaji Amdal di DLH provinsi, sehingga untuk menyusun dokumen Amdal harus meminta bantuan Komisi Amdal Kementerian.

"Kita kemarin sudah bersurat, kepada Kementrian lingkungan Hidup, dan DLH pun demikian, dan ini sudah terjadwal katanya, dalam waktu ini ada komisi Amdal mereka untuk turun, sehingga FS yang kita buat ini dapat menjadi dokumen sebagai pelaksanaan di Dirjen Perkreta apian," jelasnya, Selasa (17/9/2019).

Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Jambi Wing Gunariyadi menyampaikan, jalur kereta api ini direncanakan dibangun sepanjang 179 Kilometer dari Bungo ke Kota Jambi. Selain itu kereta api barang dan penumpang ini nantinya juga akan dikoneksikan dengan pelabuhan Ujung Jabung.

"Kereta ini kita sifatnya mendukung, nanti kalau Pelabuhan ujung Jabung dioperasikan, jadi barang-barang potensi alam yang ada di daerah bungo dan lain-lain bisa terangkut denga kereta api," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments