Senin, 3 Agustus 2020

Anak Kandung Jadi Bendahara Desa, Kades Salam Buku Disorot


Rabu, 18 September 2019 | 21:19:16 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

BANGKO – Kepala Desa (Kades) Salam Buku, Kecamatan Batang Masumai, Kabupaten Merangin menuai sorotan tajam. Ini lantaran sang kepala desa diduga melakukan praktik nepotisme dalam kepemimpinannya.

Ia adalah Zulkifli, Kepala Desa Salam Buku, Kecamatan Batang Masumai. Ia menjadikan anak kandungnya sebagai Kaur Keuangan dan juga menjabat sebagai Bendahara Desa.

Hal itu diakui langsung Zulkifli, Kepala Desa Salam Buku. Ia mengakui bahwa anak kandungnya dijadikan Kaur Keuangan sekalian Bendahara Desa.

"Memang selama ini sudah sering dipertanyakan, bahkan ada orang datang ke rumah menanyakan hal itu. Dia (bendahara, red) sudah menjabat selama satu tahun," ujar Zulkifli, Rabu (18/9/2019).

Dulunya, lanjut Zulkifli, memang ada bendahara khusus, namun pada 2019 bendahara desa dihapuskan. Posisi bendahara ini langsung dijabat oleh Kaur keuangan Desa.

"Dan secara otomatis anak saya yang jadi Kaur Keuangan menggantikan posisi bendahara yang dihapuskan itu," kata Zulkufli.

Ia menyebut, tidak ada Undang-Undang atau aturan yang melarang jika anak kandungnya dijadikan perangkat desa, sehingga atas dasar itulah dia berani menjadikan anaknya perangkat desa.

Menanggapi hal itu, Irsadi, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Merangin mengatakan, bendahara desa tidak dihapuskan akan tetapi Kaur Keuangan merangkap jadi bendahara.

"Kalau anak kandung yang diangkat jadi perangkat desa, akan menimbulkan kecurigaan khususnya dalam hal transparansi. Seandainya timbul masalah, ya anak dan bapak yang akan terseret, dan tidak mungkin orang lain," ujar Irsadi.

Ia meminta, dalam pengelolaan keuangan desa agar transparan pada masyarakat, sehingga tidak ada masalah dalam desa. "Satu hal jadi pertanyaan, tidak takutkan dia jika saat problem datang, yang dibawa itu anak sendiri," pungkas Irsadi.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments