Jumat, 28 Februari 2020

Disnakertrans Sebut Tak Ada Anggaran, Jenazah TKI Asal Jambi Belum Bisa Dipulangkan


Rabu, 18 September 2019 | 22:31:08 WIB


Hingga saat ini, jenazah Rena Wati (25) yang meninggal dunia di Malaysia belum bisa dipulangkan ke Jambi karena permasalahan biaya
Hingga saat ini, jenazah Rena Wati (25) yang meninggal dunia di Malaysia belum bisa dipulangkan ke Jambi karena permasalahan biaya / dok.metrojambi.com

Cikmas juga mengatakan, pihaknya masih terkendala mencari rumah keluarga TKI tersebut. Sebab, harus berkomunikasi dulu dengan keluarga mengenai pemulangan jenazah.

Meskipun tak memiliki dana, Disnakertrans tetap akan membantu pemulangan jenazah tersebut, jika memang benar adanya. Instansi ini akan berupaya membantu keluarga almarhum mengajukan surat ke Kementerian Luar Negeri.

"Jadi nantinya keluarga ajukan surat ke Kemenlu. Tapi sebagai WNI, bukan sebagai TKI," jelasnya.

Sementara ketika ditanyakan apakah mungkin Pemprov Jambi mengeluarkan anggaran pemulangan jenazah, Cikmas mengatakan, cukup sulit karena keterbatasan anggaran. Dia hanya akan memfasilitasi untuk meminta bantuan ke Kemenlu.

"Kalau TKI legal, tidak masalah. Karena ada asuransi, ada yang bertanggung jawab. Bahkan kalau terjadi sesuatu, akan diantar sampai alamat. Kematian yang bersangkutan saja, belum ada surat resmi dari Kedutaan Indonesia di Malaysia, " pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, jenazah TKI asal Jambi tak bisa dipulangkan dari malaysia untuk dikebumikan. Ini lantaran keluarga almarhumah tak mampu membiayai pemulangan jenazah itu. Akibatnya, jenazah TKI ini masih tertahan di negeri jiran tersebut.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments