Senin, 9 Desember 2019

Kunjungi Perpustakan, Siswa Diajak Gemar Membaca


Senin, 16 September 2019 | 23:38:14 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Beragam cara bisa dilakukan agar siswa mencintai buku, salah satunya dengan mengajak anak didik berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku.

Upaya inilah yang dilakukan SMP Muhammadiyah I Kota Jambi, agar budaya baca anak didik di sekolah bisa terus meningkat.

“Bulan September ini merupakan hari baca nasional dan tanggal 14 September hari wajib kunjungan perpustakaan, makanya kita mengajak siswa membaca buku di perpustakaan sekolah," ujar Kepala SMP Muhammadiyah I Jambi Aldi Mawardi, Senin (16/9/2019).

Selama kunjungan, siswa diberi waktu 1 jam 40 menit untuk membaca, kemudian mencatat atau meresume buku yang dibaca di buku kunjungan yang telah disediakan sekolah. "Kemudian buku resume dikumpulkan," imbuhnya.

Aldi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memeriahkan hari wajib kunjungan dan memotivasi siswa agar gemar membaca buku di perpustakaan. Selama ini, kata Aldi, minat siswa untuk membaca buku masih kurang. "Siswa lebih suka menggunakan gadget," ungkapnya.

Ia berharap, siswa terbiasa berkunjung ke perpustakaan dan membaca atau meminjam buku, agar minat baca dan pemahamannya semakin bertambah. "Kita akan terus mendorong siswa untuk membaca buku," bebernya.

Guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah I Jambi Ria Ratna Dinanti menambahkan, selain kunjungan ke perpustakaan, pada 21 September mendatang, sekolah akan menggelar berbagai lomba seperti menulis cerpen, membuat poster, dan membuat sinopsis.

"Kita akan melibatkan semua siswa-siswi SMP Muhammadiyah I Jambi untuk mengikuti lomba," ujarnya.

Menurutnya, ini untuk mengembangkan minat bakat siswa yang memiliki kemampuan dan kesempatan. "Anak-anak bebas mengekspresikan bakatnya," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments