Sabtu, 14 Desember 2019

SMA Xaverius 1 dan SMA 6 Pilih Ketua OSIS


Selasa, 17 September 2019 | 22:43:30 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Pemilihan Ketua OSIS di SMA Xaverius I Jambi dan SMA Negeri 6 Kota Jambi untuk kepengurusan satu tahun mendatang, Selasa (17/09) berjalan secara demokrasi layaknya pemilu pada umumnya yang diselenggarakan KPU.

"Kandidat kuat calon Ketua OSIS tahun ini kita pilih 4 orang," ungkap pembina OSIS SMA Xaverius 1 Jambi, Agun Sutrianto disela-sela pemilihan.

Agun menyebutkan, kandidat yang muncul merupakan hasil seleksi panitia sejak sebulan lalu. Dari semua siswa yang berminat menjadi bakal calon, kemudian ditentukan 25 calon ketua OSIS dan formatur.

“Kemudian 25 calon tersebut diseleksi sehingga diambil 3 calon yang akan dipilih secara langsung. Tiga calon terkuat adalah, Theresia Nidya Octavenia, Fan Maitri Aldian dan Gabriel Jovan Handoko," ujarnya.

Sedangkan untuk wakil, akan ditentukan setelah Ketua OSIS terpilih dan akan melakukan rapat internal guna menentukan wakil maupun kepengurusan lainnya. "Bisa jadi kandidat yang tidak terpilih menjadi wakil," imbuhnya.

Menurutnya, tujuan pemilihan Ketua OSIS secara demokrasi ini untuk memperkenalkan kepada siswa bagaimana memilih pemimpin secara langsung dan mengelola organisasi secara baik.

Sehingga nantinya pemimpin atau Ketua OSIS yang dihasilkan memiliki kualitas dan semangat kerja yang baik. "Kita ingin kepengurusan OSIS bisa membantu program sekolah, terutama program kesiswaan," jelasnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan SMA Negeri 6 Kota Jambi. Sekolah menggelar pemilihan Ketua OSIS secara demokrasi yang diikuti 4 kandidat, yakni Rizky Putri Maharani, Nadiah Romadhona Putri, Alberto Septiadi Sihombing dan Adam Surya Tresna yang merupakan siswa Kelas XI hasil seleksi sebelumnya.

"Tahun ini yang layak dipilih menjadi calon Ketua OSIS SMA 6 hanya 4 orang," sebut pembina OSIS SMA Negeri 6, Alpian.

Dikatakannya, pemilihan dimulai dengan membuka pendaftaran, kemudian melakukan seleksi tertulis dan wawancara. Setelah wawancara, baru ditentukan kandidat yang akan dipilih secara langsung.

"Untuk wakil ketua, setelah Ketua OSIS terpilih, dilakukan secara rapat internal," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments