Kamis, 5 Desember 2019

Walau Kemarau, Lingkungan Sekolah Harus Tetap Hijau


Rabu, 18 September 2019 | 22:44:56 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Asian Agri sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mendukung industri kelapa sawit lestari, senantiasa berupaya menularkan budaya peduli lingkungan melalui beragam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan unit-unit bisnis perusahaan secara berkelanjutan.

Salah satunya adalah program pemberian bantuan bibit pohon yang dilakukan oleh PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) kepada sekolah SMKN 3 Tanjung Jabung Barat, Jambi; yang ditandai dengan penanaman pohon bersama di pekarangan sekolah.

Head CSR Asian Agri, Welly Pardede mengatakan, menanam pohon untuk penghijauan menjadi sangat penting nilainya jika melihat kondisi halaman sekolah yang gersang. Dengan adanya penanaman pohon buah-buahan ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk sekolahan dan anak didik.

“Lewat penanaman pohon ini diharapkan bisa merubah kondisi sekolah yang gersang, menjadi rimbun, sejuk dan hijau. Sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman, karena udara juga akan menjadi sejuk dan segar. Selain itu, buah yang akan dihasilkan dari beragam tanaman ini, nantinya juga dapat dimanfaatkan sekolah,” ujar Welly.

“Selain itu, penanaman pohon di lingkungan sekolah ini, sebagai sarana pembelajaran agar anak didik bertumbuh menjadi pribadi yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Harapan saya agar kepedulian terhadap lingkungan ini juga dapat mereka tularkan ke keluarga untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal yang hijau dan asri,” imbuh Welly di sela-sela melakukan penanaman bibit pohon di halaman sekolah SMKN 3 Tanjabar, Selasa (17/9/2019).

Senior Manajer PT IIS, M Luth menyampaikan bahwa apa yang dilakukan hari ini adalah bentuk kepedulian perusahaan kepada dunia pendidikan, khususnya di daerah yang ada di seputaran perusahaan. Dan berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi sekolah beserta guru dan siswanya.

Sementara itu, Korlap Pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agusman sangat berterima kasih kepada PT IIS yang peduli dengan SMKN 3 ini.

"Semoga yang diberikan perusahaan hari ini menambah motivasi kami untuk menciptakan green school," katanya.

Agusman juga berharap, ke depan kerjasama antara perusahaan dengan dunia pendidikan semakin ditingkatkan, karena untuk menciptakan kualitas pendidikan yang baik menjadi tanggung jawab bersama.

"Karena sekolah SMK itu lulusannya sudah mempunyai bekal untuk bekerja, maka diharapkan ada pembinaan khusus dari perusahaan sesuai kejuruannya, sehingga setelah lulus nanti mempunyai daya saing dalam mencari pekerjaan. Misalnya dalam hal muatan lokal, lokasi praktek kerja lapangan dan sebagainya," ujarnya.

Kepala SMKN 3 Tanjabbar, Herlizal SPd mengapresiasi kepedulian PT IIS sekaligus ucapan terima kasih.

"Ibaratnya, walau sekarang ini musim kemarau, dan bahkan banyak asap tapi kami merasa sudah kehujanan dan sejuk, karena dengan adanya bantuan pohon buah-buahan ini pasti banyak manfaatnya, mulai dari penghijauan lahan gersang, ruang terbuka hijau, tempat untuk belajar di luar ruang dan manfaat buahnya. Bentuk kepedulian inilah yang bisa menjembatani hubungan antara dunia usaha dengan dunia pendidikan," katanya.

"Kami imbau kepada siswa SMKN semua untuk turut serta menjaga dan merawat tanaman ini, karena yang merasakan manfaatnya bukan orang lain tapi pasti kita sendiri," ungkapnya.

Turut hadir SM PT IIS KTU M Luth, Korlap Pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Drs Agusman MPd, staf umum Kecamatan Merlung Subardi, Kepala KUA Merlung Kasmuni SAg, Kepala SMKN 3 Tanjabbar Herlizal SPd beserta guru pendidik, Komite SMKN 3 Tanjabbar, Humas PT IIS Sukardi dan siswa-siswi SMKN 3. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments