Jumat, 22 November 2019

Ngobrol Bersama Pimpinan Media dan Wartawan, BPS Provinsi Jambi Gelar Coffee Morning


Kamis, 19 September 2019 | 11:06:26 WIB


Coffee Morning
Coffee Morning "Ngopi" di cafe SP2020 bersama pimpinan media dan wartawan / Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Guna memberikan pengetahuan akan tugas dan fungsi serta mempererat jalinan Silaturahmi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar coffee morning "Ngopi" di cafe SP2020 bersama pimpinan media dan wartawan.

Kepala BPS Provinsi Jambi Dadang Hardiwan mengatakan ini merupakan pertemuan santai mengenai sinergi dan komunikasi antara BPS dengan para wartawan.

"Apa yang dihasilkan dalam bentuk data-data BPS tentunya tidak akan bisa masyarakat mengetahui tanpa melalui media," ujarnya, Kamis (19/9/2019).

Pada kesempatan ini pula, Dadang menjelaskan mengenai sensus penduduk. Dimana merupakan sensus penduduk ke 7 setelah kemerdekaan Indonesia.

"Untuk tahun 2020 nanti merupakan sensus penduduk (SP2020) pertama yang menggunakan Combined Methode," tuturnya.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, Perbedaan SP2010 dengan SP2020 adalah jika SP2010 menggunakan metode manual untuk frame dan pengumpulan data, dan penggunaan data menggunakan kuesioner.

Sedangkan SP2020 menggunakan Geo Spasial untuk metode frame utama dan menggunakan data pengumpulan data multi metode (PAPI, CAPI, dan CAWI).

"Dengan menggunakan data registrasi penduduk di sensus penduduk 2020 merupakan kesempatan dalam mendapatkan satu data populasi di Indonesia untuk lebih efisien," sampainya.

Dadang menyampaikan, jika BPS pada tahun 2019 ini sudah melakukan pemetaan data dalam bentuk digital. "Data dari Dukcapil yang akan dimutakhirkan," katanya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan melakukan penandatanganan surat dukungan media untuk bersama-sama mensukseskan Pelaksanaan sensus penduduk 2020 mendatang, dan diakhiri dengan ngopi santai.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments