Sabtu, 6 Maret 2021

9 Pengacara akan Gugat Korporasi Penyebab Asap Jambi ke Pengadilan


Minggu, 22 September 2019 | 11:52:47 WIB


Pengumuman dr para pengacara untuk masyarakat Jambi
Pengumuman dr para pengacara untuk masyarakat Jambi / Ist

JAMBI - Asap pekat akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi semakin mengkhawatirkan. Tidak heran banyak pihak mengecam dan melakukan perlawanan dengan bermacam cara. Kali ini, giliran Tim Advokasi Jambi Menggugat (Tajam) beraksi. 

Tim beranggotakan 9 orang pengacara di Jambi ini siap menerima pengaduan dan kuasa bagi masyarakat Jambi yang menjadi korban asap. Mereka akan mewaliki masyarakat korban asap untuk melakulan gugatan secara hukum ke Pengadilan Negeri (PN) Jambi. 

Hal ini disampailan secara luas kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi, bahwa Tim Advokasi Jambi Menggugat menerima pengaduan dan kuasa untuk melakulan gugatan secara hukum atas korban asap di Jambi, tanpa dipingut biaya alias gratis. Termasuk biaya persidang akan ditanggung tajam. 

"Surat suara yang diberikan dan digunakan Tajam mewakili korban melakukan gugatan PMH di Pengadilan Negeri Jambi kepada para korporasi penyebab asap di Provinsi Jambi," ujar Syahlan Samosir, seorang pengacara yang tergabung dalam Tajam.

Syahlan juga mengatakan,  pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak NGO/LSM yang perduli terhadap masalah asap ini untuk sama-sama bergerak melawan asap yang menyebabkan penderitaan rakyat Jambi. 

"Harapan kami dengan adanya gugatan asap ini semua pihak yang bertanggungjawab penyebab asap ini akan menanggung biaya kerugian masyarakat baik dari sisi kerugian kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan transfortasi," tegasnya.

"Kami juga sudah menyiapkan jumlah biaya kerugian yang akan kami tuntut dalam gugatan ini, dengan harapan biaya yang kita tuntut jika dikabulkan akan kita distribusikan kepada masyarakat Jambi yang menderita atas dampak asap," sambungnya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat korban asap yang ngin membuat pengaduan,  cukup datang keposko mengisi formulir dan identitas serta memberikan bukti sakit atau biaya perobatan atau biaya kerusakan/kerugian akibat asap, maka nanti seluruh biaya yang dikeluarkan korban akan kita tuntut ganti ruginya

Adapun batas waktu pengaduan dan pemberi kuasa kata Syahlan, dimulai tanggal 21 sampai 28 September di Poskom Tim Tajam di Lorong Gotong Royong, Sipin Jambi. 

"Tim Tajam akan memdaftar gugatan ke PN Jambi tanggal 1 Oktober, dan diharapkan selurih elemen hadir," tandas Syahlan. 


Penulis: Sahrial
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments