Minggu, 8 Desember 2019

Ancam Kesehatan, Kabut Asap Bisa Jadi Pemicu Kanker


Senin, 23 September 2019 | 21:38:55 WIB


Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Elfie Yennie
Kepala Dinas Kesehatan Batanghari Elfie Yennie / metrojambi.com

MUARABULIAN – Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Batanghari ternyata tidak hanya bisa menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Untuk jangka panjang, bisa menjadi pemicu penyakit kronis seperti kanker.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yennie. Dikatakan Elfie, yang terdampak kabut asap rentan terhadap penyakit kanker.

"Semua yang terdampak kabut asap ini rentan terhadap penyakit kanker bilamana hal ini dirasakan dalam jangka panjang. Apalagi di Batanghari sendiri bencana kabut asap sudah terjadi berulang kali. Sebelumnya pada tahun 2015 silam," ujar Elfie, Senin (23/9/2019).

Sementara itu untuk efek jangka pendek, Elfie mengatakan kabut asap bisa menyebabkan ISPA, iritasi selaput lendir pada mata, hidung, dan tenggorokan, mual, sakit kepala, dan sesak nafas.

"Mata terasa perih dan berair. Hidung berair dan rasa tidak nyaman di tenggorokan, ada rasa mual dan sakit kepala," terang Elfie.

Selain itu, kata Elfie, juga dapat menurunkan fungsi paru, meningkatkan serangan jantung, bahkan resiko kematian.

"Jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker, jadi kita yang terpapar asap ini calon- calon penderita kanker, karena kanker juga dapat dipicu dari udara yang tidak sehat," pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments