Senin, 18 November 2019

Puluhan Warga Bungo Mengidap ISPA


Rabu, 25 September 2019 | 11:36:07 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARABUNGO - Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bungo menyisakan dampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, puluhan warga Bungo kini masih mengidap Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Informasi yang diperoleh dari Puskesmas Rantau Pandan, 84 orang mengidap ISPA akibat bencana kabut asap selama September ini.

Kepala Puskesmas Rantau Pandan M Junaidi mengatakan, akibat dari kabut asap, warga Rantau Pandan, sudah mulai terserang ISPA. Angka ini, meningkat dari bulan sebelumnya.

“Bulan Agustus ada 68 terserang ISPA, sedangkan September mengalami peningkatan. Rata-rata yang terserang ISPA, dari kalangan orang dewasa,” kata Junaidi.

Dikatakannya, penyebab ISPA bisa diakibatkan oleh bakteri, virus dan pencemaran udara. Jadi kalau masyarakat terserang ISPA harus ditangani dari awal, sehingga tidak berakibat fatal terhadap kesehatan lain.

“Selama kabut asap ini, pelayanan di UGD terus ditingkatkan dalam melayani masyarakat. Kita berharap, selama kabut asap masyarakat keluar rumah gunakan masker,” pungkasnya.


Penulis: Budi Prasetyo
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments