Jumat, 22 November 2019

SD 181 Kota Jambi Sediakan Ruangan Steril Bebas Asap


Kamis, 19 September 2019 | 09:17:05 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI - Kemarau panjang disertai kebakaran hutan dan lahan berdampak kabut asap di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi juga dirasakan pelajar di Kota Jambi.

Selain mengurangi aktivitas di luar ruangan, upaya sekolah dalam menyediakan ruangan steril dari kabut asap juga dilakukan.

Seperti yang dilakukan SD Negeri 181 Kota Jambi. Sejak kabut asap melanda, sekolah ini menyediakan satu ruangan kelas untuk dijadikan ruangan bebas kabut asap.

"Kita prihatin, karena kabut asap sudah mengganggu aktivitas belajar," ungkap Kepala SD Negeri 181 Kota Jambi, Eliya Sinarita, Kamis (19/9/2019).

Dikatakannya, ketika terjadi bencana kabut asap tahun 2015 lalu, sekolah pernah mencoba namun terkendala anggaran yang tidak memadai. Baru tahun ini sekolah bisa menyediakan ruangan bebas kabut asap.

"Ruang kelas kita sediakan kipas angin, kemudian sirkulasi udara diberi kain kasa, sejam sekali dinding di semprot air agar adem, dan disediakan tanaman dan aquarium," imbuhnya.

Eliya menyebutkan, tujuan disediakannya ruang ini adalah untuk memberikan kenyamanan bagi anak didik saat belajar di ruangan, khususnya siswa Kelas I, karena kalau semua kelas anggaran tidak cukup.

Ia berharap, bencana kabut asap segera berakhir, sehingga aktivitas belajar di sekolah kembali normal dan siswa nyaman belajar. "Terutama saat belajar di luar ruangan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments