Jumat, 15 November 2019

Disdik Terima Insentif dari Kemendikbud Sebesar 10,9 M


Jumat, 27 September 2019 | 09:05:30 WIB


Kepala Disdik Provinsi Jambi, Agus Herianto
Kepala Disdik Provinsi Jambi, Agus Herianto / Dok/metrojambi.com

JAMBI – Komitmen Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi untuk meningkatkan mutu pendidikan mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Bentuk apresiasi yang diberikan adalah, pada 2020 mendatang, Disdik Provinsi Jambi bakal menerima dana insentif dari Kemendikbud senilai Rp 10,9 miliar.

Kepala Disdik Provinsi Jambi Agus Herianto menyebutkan insentif ini didapat salah satunya terkait pengelolaan mutu pendidikan di Provinsi Jambi.

"Saat ini kita masih menunggu petunjuk teknis (juknis) soal penggunaan dana insentif ini. Kalau kita inginnya untuk peningkatkan sarana dan prasarana di sekolah, seperti untuk kebutuhan UNBK," ujar Agus, Kamis (26/09).

Dijelaskannya, penilaian untuk mendapatkan dana insentif ini ada beberapa kriteria, diantaranya adalah kelengkapan data pokok pendidikan (dapodik) dan hasil ujian nasional (UN).

Menurutnya, dana insentif dari pusat ini salah satu upaya Disdik Provinsi Jambi untuk peningkatan mutu pendidikan di daerah ini.

"Dana pusat seperti ini yang kita kejar, termasuk dana alokasi khusus (DAK). Untuk tahun 2020, kita akan mendapat DAK dari pusat sebesar 150 miliar lebih. Rinciannya, untuk SMK sebesar 109 miliar dan SMA sebesar 47 miliar," ungkapnya.

"Tahun 2019, DAK untuk pendidikan di Jambi sebesar Rp 98 miliar. Jadi, penambahan DAK dari pusat yang kita terima tahun 2020 cukup besar nilainya," katanya lagi.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments