Selasa, 10 Desember 2019

Sudah Bentuk Tim, Demokrat Jambi Segera Buka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah


Senin, 30 September 2019 | 10:35:04 WIB


Burhanuddin Mahir, Ketua DPD Demokrat Jambi
Burhanuddin Mahir, Ketua DPD Demokrat Jambi / Dok/metrojambi.com

JAMBI – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 sudah di depan mata. Sejumlah partai politik mulai mempersiapkan diri untuk menyambut perhelatan politik lima tahunan itu.

Di Jambi sendiri, ada lima kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak, yakni Sungai Penuh, Bungo, Batanghari, Tanjung Jabung Barat, dan Tanjung Jabung Timur. Selain itu, juga akan digelar Pilgub Jambi.

Untuk menghadapi tahun politik itu, partai politik mulai melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah di lima kabupaten dan provinsi. Setelah PDIP dan NasDem, kini giliran Demokrat mulai siap-siap.

Partai pemilik tujuh kursi di DPRD Provinsi Jambi ini sudah membentuk Tim Penjaringan bakal calon Gubernur Jambi periode 2020-2025.

“Ya, kami sudah bentuk tim penjaringan calon gubernur. Tim ini sudah mulai bekerja,” kata Burhanuddin Mahir, Ketua DPD Demokrat Jambi saat dikonfirmasi, Senin (30/9/2019).

Mantan Bupati Muaro Jambi dua periode itu mengatakan, teknis penjaringan dilakukan oleh tim. “Tim yang akan rumuskan siapa yang akan diusung partai,” ujarnya.

DPD Demokrat Provinsi Jambi menunjuk Saiful Bahri Hasibuan sebaau Ketua Tim Penjaringan. Burhanuddin mengatakan, penjaringan bakal calon (balon) gubernur akan dibuka mulai 1 hingga 15 Oktober 2019 ini.

Menurutnya, pendaftaran ini terbuka untuk semua kalangan. Tidak harus kader internal, siapa saja silahkan datang dan ambil formulir pendaftaran. Selanjutnya, para calon gubernur ini nantinya setelah daftar akan dilakukan survei.

“Kami akan lakukan survei, siapa yang terbaik,” katanya.

Hasil survei nanti, lanjutnya, akan dilaporkan ke DPP Partai Demokrat dan DPP yang menentukan siapa calon dari Demokrat. “Kami akan bawa laporan hasil survei dan DPP yang tentukan. Tim hanya memfasilitasi, verifikasi dokumen," tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments