Jumat, 13 Desember 2019

Hari Gemar Membaca, SMP Muhammadiyah 1 Gelar Lomba


Selasa, 01 Oktober 2019 | 14:10:04 WIB


Foto bersama duta membaca tingkat nasional
Foto bersama duta membaca tingkat nasional / jay/metrojambi.com

JAMBI – Agar anak suka membaca buku, baik di sekolah ataupun rumah, SMP Muhammadiyah 1 Jambi, setiap hari secara bergantian selalu mengajak peserta didiknya mengunjungi perpustakaan.

"Anak-anak selalu kita ajak membaca buku di perpustakaan," ujar Kepala SMP Muhamadiyah I Jambi, Aldi Mawardi, Senin (30/09).

Di bulan September atau hari gemar membaca ini, sekolah juga mengadakan beragam kegiatan perlombaan yang intinya dapat mendorong siswa SMP Muhammadiyah 1 Jambi agar semangat membaca buku.

"Daripada bermain ponsel yang tidak sehat, seperti menonton film dewasa atau bermain game, anak-anak kita ajak untuk gemar membaca. Selain itu, selama berada di sekolah siswa kita larang untuk membawa handphone (HP)," katanya.

Selain itu, selama satu hari, sekolah menggelar berbagai kegiatan, seperti lomba cipta puisi, menulis sinopsis novel dan membuat poster. "Jadi bakat-bakat anak bisa tersalurkan dan nantinya diberi hadiah," katanya.

Sekolah juga mencari bibit andalan untuk siap bertanding dalam lomba literasi.

"Sehingga nantinya sekolah tidak akan direpotkan mencari bakat, karena kita sudah punya. Siswa yang pintar dan memberikan nilai terbaik akan terus kita bina," katanya lagi.

Ketua panitia dan pembina literasi, Ria Ratna Dinanti mengatakan, tujuan lomba ini supaya ada pengetahuan serta keterampilan anak didik dalam hal penggunaan bahasa Indonesia, baik dalam lingkungan keseharian maupun berliterasi.

"Selama ini anak-anak kan lebih sering menggunakan bahasa lokal dari sekitar lingkungan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments