Minggu, 17 Januari 2021

Dinas PUPR Merangin Tak Miliki Anggaran Urus Bangunan Terbengkalai


Selasa, 01 Oktober 2019 | 22:01:42 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

BANGKO - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Merangin tidak memiliki anggaran untuk melakukan rehab pada sejumlah bangunan yang terbengkalai. Selain itu, Dinas PUPR juga tidak memiliki anggaran pembayaran listrik dan dana lainnya untuk bangunan tersebut.

Di Kabupaten Merangin terdapat banyak bangunan terbengkalai. Selesai dibangun beberapa tahun lalu, bangunan tersebut dibiarkan terbengkalai tanpa serah terima ke OPD terkait.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Merangin Mardansyah Saidi ketika dikonfirmasi membenarkan jika saat ini ada beberapa bangunan gedung baik menggunakan dana APBD maupun dana APBN tidak terurus.

Dikatakan Mardansyah, pihaknya tidak ada anggaran dana untuk mengurus bangunan itu, semisal membayar listrik, rehab dan sebagainya.

Dia bingung kenapa sampai saat ini ada bangunan yang sudah selesai bangunan dan sudah serah terima dari rekanan, tapi belum diserahkan kepada OPD terkait.

"Saya kecewa. Sudah tiga bulan saya di sini (Plt Kadis PUPR,red). Saya panggil Muzakir (Kabid Cipta Karya,red) untuk membahas itu, tapi tidak ada jawaban," kata Mardansyah, Selasa (1/10/2019).

"Dia sibuk terus. Kalau rapat hanya stafnya saja yang datang," ujarnya menambahkan.

Jika belum diserahterimakan, artinya bangunan tersebut masih tanggung jawab PUPR. Jika semuanya bertumpu kepada PUPR, maka tidak akan bisa terselesaikan semuanya.

Oleh sebab itu, dirinya bertekad di tahun ini semua bangunan yang telah dikerjakan harus diserahterimakan kepada OPD terkait. "Kalau sudah diserahterimakan berarti sudah tanggung jawab mereka dan mereka bisa menganggarkan untuk merawatnya," kata Mardansyah.

"Saya sudah bikin surat kepada pak Bupati, beliau setuju itu," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments