Selasa, 24 November 2020

84 Hektare Lahan Persawahan di Sarolangun Gagal Panen


Rabu, 02 Oktober 2019 | 22:19:06 WIB


/ dok.metrojambi.com

SAROLANGUN - Musim kemarau yang terjadi belakangan ini tak hanya membuat warga mengalami kekeringan dan juga kebakaran hutan dan lahan. Namun sejumlah lahan pertanian milik petani sawah juga terkena dampaknya.

Data dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sarolangun, ada 84 hektare luas sawah di Sarolangun mengalami gagal panen akibat kemarau ini.

Sakwan, kepala Dinas TPHP Sarolangun belum lama ini mengatakan, 84 hektare luasan sawah yang terdampak kemarau itu berada diberbagai kecamatan, seperti di daerah Kecamatan Air Hitam.

“Hingga saat ini baru sebanyak 84 hektare sawah itu mengalami gagal panen, sementara sentral persawahan yang berada di wilayah lain seperti Kecamatan Pelawan dan Kecamatan Cermin Nan Gedang telah lama di panen,” kata Sakwan.

Disampaikannya, pihak TPHP Sarolangun sudah mengimbau agar pada musim yang masih dikatakan kemarau dan krisis air ini, agar petani melakukan penundaan tanam. Sebab di musim kemarau panjang bila dipaksakan penanaman, maka akan menciptakan kegagalan kembali.

“Kami menyarankan kepada para petani untuk tidak tanam padi, karena mayoritas sawah merupakan sawah tadah hujan dan semi irigasi,” pungkasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments