Senin, 14 Oktober 2019

10 Kandidat Pimpinan MPR 2019-2024


Kamis, 03 Oktober 2019 | 14:39:41 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAKARTA- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tertua Abdul Wahab Dalimunthe menyampaikan 10 nama kandidat pimpinan MPR dari sembilan fraksi dan satu perwakilan kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari hasil Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD.

“Seluruh fraksi sudah menyampaikan nama tadi saat rapat gabungan,” kata Abdul Wahab usai memimpin rapat tersebut di Jakarta, Kamis.

Adapun 10 nama yang disampaikan Abdul Wahab yaitu Syariefuddin Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Ahmad Basarah dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, dan Bambang Soesatyo dari Fraksi Golkar.

Selain itu, Lestari Mukdijat dari Fraksi Partai NasDem, Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra, Arsul Sani dari Fraksi PPP, Zulkifli Hasan dari Fraksi PAN, dan Fadel Muhamad dari kelompok DPD.

Menurut Abdul Wahab, akan dilakukan lobi-lobi pada pukul 14.00 WIB untuk kemudian dilakukan pemilihan dan pelantikan Ketua dan Pimpinan MPR periode 2019-2024 pada pukul 19.00 WIB hari ini.

Abdul Wahab menambahkan, pada dasarnya seluruh fraksi menginginkan pemilihan ketua dilakukan secara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Namun, apabila langkah tersebut tidak menemukan hasil, maka cara pengambilan suara terbanyak atau voting akan ditempuh.

“Artinya musyawarah mufakatnya sore dan pelantikannya malam. Kalau tidak ya voting. Tapi nampaknya semua ingin musyawarah,” pungkas anggota tertua DPR RI tersebut.


Penulis: ***
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments